Friday 8 March 2019

97.Dengan mengamalkan disiplin sila, segalanya jadi sejahtera


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Dengan mengamalkan disiplin sila, segalanya jadi sejahtera.

“Dengan mengamalkan disiplin sila, segalanya jadi sejahtera, hal-hal buruk segera menjauh”.

Dengan mengamalkan sila, para Dewa Pelindung akan datang melindungimu, segalanya jadi sejahtera. Selain itu kemampuanmu dalam mengajari para makhluk akan meningkat.

Seperti kisah Master Vinaya Daoxuan yang telah kita ceritakan pada pembahasan sebelumnya. Pada masa Dinasti Tang, di Gunung Zhongnan, Master Daoxuan mendirikan Aliran Vinaya di Tiongkok, Aliran Vinaya menjadi salah satu dari delapan aliran dalam Mazhab Mahayana yang berkembang di Tiongkok.

Jadi Master Daoxuan adalah guru sesepuh pertama dari Aliran Vinaya di Tiongkok. Beliau menjalankan disiplin sila dengan ketat, sehingga menggugah Dewa datang melindungi dan memberi persembahan dana makanan padanya.

Master Daoxuan selalu merasa ada sosok yang mengikuti dirinya, maka itu dia bertanya : “Siapakah anda? Mengapa selalu mengikutiku?”. Ada suara yang menjawab : “Saya adalah putra mahkota dari Raja Langit Virupaksa (salah satu dari Empat Raja Langit). Saya merasa kagum pada pengamalan disiplin sila anda, maka itu bertekad menjadi pelindungmu”.

Master Daoxuan makan sehari se-kali saja, yakni sebelum melewati tengah hari, dana makanan ini dipersembahkan oleh Dewa, setiap hari ketika waktu makan tiba, Dewa pasti hadir mengantar makanan padanya. Makanan tersebut bukanlah merupakan makanan biasa yang ada di dunia ini, namun merupakan makanan para makhluk surgawi atau Alam Dewa.

Sementara itu Master Kui-ji berasal dari Aliran Yogacara, Master Kuiji tidak terlampau peduli pada pengamalan sila, makanya Master Daoxuan selalu mengkritiknya, juga meremehkannya.

Suatu hari Master Kuiji melewati Gunung Zhongnan, lalu singgah ke vihara Master Daoxuan, kebetulan waktu itu menjelang tengah hari, Dewa pasti datang mempersembahkan makanan. Master Daoxuan berpikir inilah saatnya memperlihatkan mukjizat pada Master Kuiji, supaya dia ikut menjalankan disiplin sila.

Tetapi setelah menanti dan menanti, si Dewa masih belum muncul-muncul juga, alhasil Master Kuiji pamit dan pulang. Esok harinya, seperti biasanya, Dewa datang mengantar dana makanan, Master Daoxuan langsung bertanya padanya : “Kenapa kemarin tidak datang mengantar makanan padaku? Sampai-sampai seharian saya tidak makan”.

Dewa menjawab : “Ini dikarenakan kemarin ada seorang Bodhisattva Mahayana yang berkunjung ke Gunung Zhongnan, seluruh pegunungan penuh dengan para Dewa Pelindung, saya tidak berani menerobosnya”.

Sejak itu Master Daoxuan mengubah sikapnya pada Master Kuiji, dia menyadari Bodhisattva Mahayana tampaknya tidak terlampau ambil peduli pada disiplin sila, namun sesungguhnya hatiNya suci adanya, maka itu Dewa PelindungNya ada begitu banyak.
    
Delapan Aliran Mahayana Yang Berkembang di Tiongkok Sepanjang Sejarah :

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 10
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0010


淨空老法師開示節錄 :
戒貴則尊,無往不吉。

【戒貴則尊。無往不吉。豈有忌諱不善者耶。】

『貴』是講你的戒律持得很清淨,這在世間是第一尊貴。有這樣多的諸天善神保佑你,你一切的作為是『無往不吉,豈有忌諱不善者耶』?這段裡面有些意思我也在表解裡面給諸位說明。這是第二段,剛才我們所念的「道戒為尊,天神敬伏」。「道護為強」就是道德日高,諸天神明擁護,使德感,這是你自己的道德與諸天鬼神的感應,你有德感,諸天鬼神就來應,這是一種力量。其次一種是化眾,就是你教化眾生的力量更為強大。如唐朝道宣律祖,佛門裡面佛門掌故記載得很清楚。唐朝終南山道宣大師建立中國的律宗,是大乘八大宗之一,他是第一位祖師,首創中國律宗的祖師是終南山的道宣律師。他的戒律當然是非常精嚴,我們在傳記裡面讀到,傳記記載他聽《四分律》曾經聽過二十一遍,《四分律》是相當大的一部書,線裝本有二十多冊,他聽講聽過二十一遍。由於戒律的精嚴,就感動天神來保護他,做他的侍衛。這些鬼神有時候有音聲,被他發現了,道宣律師就問他:你是什麼人?好像常常在我的身邊。旁邊就有聲音答覆,他是博叉天王的太子,感念大師戒律的精嚴,特地發願來給他做侍衛。這是一樁事情,他的感應事蹟很多。

  還有一樁事情,就是律師他是遵照戒律,每天日中一食,而這個飯是天人供養的,每天到時候天人就把菜飯送來。這不是人間的飲食,確實是感動得諸天神明的擁護。在這個地方我們附帶給諸位講個小故事。那就是在同時代,唯識宗的祖師窺基大師,窺基他是研究大乘唯識的,在表面上看戒律就不太精嚴,道宣律師對他常常有批評,也很輕視他。有一天窺基大師從終南山那邊過,順便去拜訪道宣大師。他那天去的時候恰好也是中午,坐了很久,以後離開,這天天人就沒有來送供養。到了第二天中午,天人又送供養給道宣老和尚,律祖就問他:昨天你們為什麼沒有給我送飯來?害他一天沒吃飯。天人就告訴他,昨天有大乘菩薩在山上,就是指窺基大師,他說滿山都是護法神,我不敢進來。道宣律師聽了這個話,以後對於窺基大師格外的尊敬,曉得大乘菩薩表面上看起來好像不太重視戒律,實際上他的心是清淨的,所以護衛的天神特別多。這是一樁事情。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第十集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0010