Saturday 2 March 2019

71.Tidak boleh memandang rendah pada guru


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Tidak boleh memandang rendah pada guru
(Bagian 1)

Buddha Sakyamuni khusus memberi peringatan pada mereka yang berstatus sebagai murid agar jangan memandang rendah pada gurunya. Di dalam sutra Buddha terdapat banyak perumpamaan sedemikian rupa.

Sang Buddha menyampaikan pada kita, ada seorang samanera kecil, melihat seorang Bhiksu tua sedang membaca sutra, samanera kecil menyindir suara Bhiksu tua itu tidak enak didengar, seperti anjing.

Bhiksu tua itu berkata pada samanera kecil, kamu cepatlah bertobat, saya telah mencapai tingkatan kesucian Arahat, kamu merendahkan diriku, kelak kamu bisa jatuh ke Alam Binatang menjadi seekor anjing.

Samanera kecil cepat-cepat bertobat, alhasil pada masa kelahiran mendatang dia jatuh ke Alam Binatang menjadi seekor anjing. Dari sini dapat diketahui bahwa buah akibat dari menghina itu sangat berat, dia telah bertobat namun masih tetap jatuh ke Alam Binatang, bagaimana kalau tidak bertobat, praktisi sekalian dapat membayangkan, bagaimana beratnya akibat yang akan diterimanya, tentunya harus menjalani siksaan di Neraka dan Alam Setan Kelaparan.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 07
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0007


淨空老法師開示節錄 :
不可輕慢其師
(一)

  佛特別告誡一些做學生的人,說我們做別人學生的人,弟子,萬萬不可以輕慢老師。在佛經裡面有許多這樣的公案,我們俗話講故事,以往的這些事、例,我們隨便舉兩樁。佛給我們講,有個小沙彌,他見到一個老比丘在念經,他聽了之後就諷刺他,說他念經的聲音不好聽,像狗叫一樣。那個老比丘就告訴沙彌說,你趕快懺悔,我證了阿羅漢果,你這樣輕慢我,你將來會墮畜生道,會變狗。這個小沙彌趕緊懺悔,結果到來生果然墮在狗道當中,畜生道裡,他變了一條狗。由此可知,輕慢果報很重,他懺悔還墮在畜生道,如果要不懺悔的話,諸位想想看,他果報更重,那要在地獄、餓鬼。這個地方也跟諸位講「輕慢其師」,戒律裡面講「沙彌輕笑比丘墮狗身」。這是一樁事情。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第七集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0007