Wednesday 27 February 2019

58.Buddha Dharma mengutamakan akal sehat


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Buddha Dharma mengutamakan akal sehat

Mengenai sila tidak minum arak, dalam keseharian kita pasti takkan mengonsumsi minuman beralkohol, tetapi dalam jamuan makan atau berinteraksi dalam rekan bisnis, bila terpaksa, kita boleh meneguknya sedikit.

Oleh karena dalam acara jamuan, arak tidak bisa dihindari, tetapi anda mesti menggenggam sebuah prinsip, yakni tidak boleh sampai mabuk dan kehilangan pengendalian diri. Jadi anda tidak boleh rakus, minum dikit-dikit akhirnya sampai lupa daratan. Anda menghadiri jamuan juga karena kepentingan bisnis, jadi bukan buat bersenang-senang.

Jika anda dapat berlaku sedemikian rupa, bukan saja tidak melanggar sila, namun anda juga dapat menyelamatkan banyak orang. Andaikata sejak permulaan anda belajar Buddha Dharma sudah bilang begini, saya harus bervegetarian, saya tidak boleh minum arak, maka seluruh hadirin di acara jamuan akan menganggapmu sebagai orang aneh.

Lagi pula orang lain akan berpikir “Ajaran Buddha tidak boleh dipelajari, lihat saja si A, sudah belajar Ajaran Buddha beginilah jadinya, segala kesenangan hidup sudah tidak bisa dinikmati lagi”.

Baru saja memulai belajar Ajaran Buddha, sudah membuat orang lain jadi ketakutan dan mundur hatinya, tidak  berani lagi mendekatkan diri dengan Buddha Dharma, ini merupakan kekeliruan yang besar.

Padahal sesungguhnya “Dimanapun Bodhisattva berada, selalu membawa sukacita pada semua makhluk”, maka itu mesti menuruti kehendak para makhluk, bersukacita pada jasa kebajikan yang dilakukan orang lain. Hendaknya dapat beradaptasi kala berinteraksi dalam hidup bermasyarakat dan kala menyendiri saat melatih diri.

Contohnya lagi dalam bervegetarian, dalam kehidupan keseharian tentunya menjadi seorang Veggie bukanlah masalah. Tetapi apabila di dalam keluarga kita terdapat suami/istri, Ayahbunda dan anak-anak tidak bisa mengikuti pola makan vegetarian, maka kita mesti menuruti jodoh atau menjalani apa adanya, belajarlah seperti Sesepuh ke-6 Aliran Zen, Master Huineng, mengonsumsi sayuran dalam menu berdaging.

Kalau anda bersikeras ingin menjadi Veggie, sementara itu keluarga anda jadi terbebani karena harus memasak menu Vegetarian khusus buat dirimu, tentu saja dia tidak senang, merepotkan saja, kalau sudah begini, siapa yang salah, tentu saja dirimu.

Buddha Dharma mengutamakan logika dan akal sehat, maka itu sesungguhnya Ajaran Buddha memberikan kita banyak kemudahan dan keleluasaan, dan bukan malah sebaliknya, memberikan kita banyak keterikatan, poin ini mesti kita perhatikan.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 06
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0006


淨空老法師開示節錄 :
佛法是講理的

至於不飲酒這條也不難持,我們自己平素不飲酒,如果在應酬當中,特別是在家的這些同修,應酬方面也可以飲酒。因為宴會當中酒是免不了的,可是你一定有個原則,保持不喝醉,你自己曉得自己的酒量,不超過酒量是可以的。但是你不能夠藉故貪杯,那就犯戒了,你是正當的應酬,這也不犯戒。如果你能夠這樣做,不但不犯戒,而且你能夠度很多人。如果你要是說,一開頭學佛我就要吃素,我不飲酒,一切宴會上大家都看你怪怪的。而且別人都想「佛不能學,學了佛之後,這一切享受都沒有了」。一開頭就把一些人嚇退了心,嚇得他不敢學佛,不敢接近佛法,這是很大的錯誤。菩薩道,所謂是菩薩所在之處,令一切眾生生歡喜心,叫眾生生歡喜心,必定就要恆順眾生,隨喜功德,所以入眾是入眾的做法,自己清修是自己清修的做法。譬如素食,我們自己在家庭裡面生活我們素食,如果我們家庭妻子、兒女或者父母他們不吃素,那我們要隨緣,學六祖大師吃肉邊菜,這樣就好。如果你一定堅持要吃素食,你家裡面要特別為你做,家人也不太願意,每餐做飯菜要特別替你做,添增麻煩,這也是不對的。佛法是講理的,不是不講理,它一定是合理、合法、合乎人情,不是不通人情,不是不講理。所以佛法的確是給我們很多很多的方便,而不是給我們添麻煩,這一點我們要注意到。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第六集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0006