Tuesday 26 February 2019

55.Lima Sila


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Lima Sila   

Dalam Ajaran Buddha, sila bukan hanya sebutir saja, jadi bukan menghindari pembunuhan saja, ini cuma salah satunya saja, sedangkan sila-sila lainnya masih banyak, setelah berhasil mengamalkan sila tidak membunuh, maka kita juga harus mengamalkan sila-sila lainnya.

Seorang praktisi pemula harus memulainya dengan mengamalkan Lima Sila, sebelumnya telah kita bahas bahwa Buddha Dharma berlandaskan pada sila, samadhi (konsentrasi) dan prajna (kebijaksanaan), kita mesti berhasil mengamalkan Lima Sila.

Sila pertama dari Lima Sila adalah tidak membunuh, cakupan dari sila ini telah kita bahas sebelumnya. Sila kedua adalah tidak mencuri, yakni tidak mengambil barang milik orang lain tanpa seijin pemiliknya. Jadi kalau pemiliknya tidak setuju, tidak bilang iya, lantas anda mengambilnya seenak hati, ini namanya mencuri.

Maka itu maknanya sangat mendalam, cakupannya sangat luas, kita harus memahaminya. Tetapi sila itu bersifat fleksibel, bukan kaku, setiap butirnya terdapat pengecualiannya, jadi harus menyesuaikan dengan keadaan yang ada, barulah dapat disebut sebagai menjalankan sila.

Tidak berzinah, segala bentuk hubungan di luar pernikahan yang sah disebut sebagai berzinah, dosa ini sangat berat. Lima Sila dan Sepuluh Kebajikan wajib dijalankan oleh praktisi awam, maka itu sila tidak membunuh ditempatkan pada urutan pertama. Lain halnya dengan anggota Sangha, sila tidak melakukan perbuatan asusila ditempatkan pada urutan pertama.

Sila ke-4 adalah tidak berbohong, sila ke-5 adalah tidak minum arak.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 06
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0006


淨空老法師開示節錄 :
五戒

戒律在佛法裡是有很多條,這一條既然講到戒律,諸位就要曉得,這是舉一略餘。不是說我們學佛,只要不殺生就可以了,這是舉一條,其餘的以此類推,都包括在其中,所以說「餘具戒律」,這是一定要曉得的。這一條做到了,其餘的每一條我們都要把它做到。既然是學佛的開始,一定要從五戒做起,我剛才跟諸位說過這個意思,初級的佛法是以戒律為中心,我們一定要把五戒做到。五戒裡面第一條是不殺生,就是這一章經文裡面所說的。第二是不偷盜,不偷盜在律藏裡的意思叫做不與取,就是不偷盜。不與就是主人他沒有同意、沒有答應,你就把它取來,這就叫偷盜。所以這個意思很精很深,它的境界是非常之廣大,我們一定要懂它的意思。可是戒律都是很活潑的,不是死呆板的,我們談到戒律,每一條戒都有開遮持犯這四條,必須要能夠通達,然後才能談得上持戒,就是把這個戒條都能夠做到,戒條就是善行,我們才能夠真正的來修這個善行。

不邪淫,除了自己夫婦之外,一切淫欲都叫做邪淫,這個罪也是相當之重。因為五戒跟十善業都是在家同修比較多,初學的總是在家學佛,發心出家的,那對於佛法有相當的認識,自己發心幫助佛來弘法利生。在出家戒裡頭是不淫,在家戒裡是不邪淫,有這樣一個區別。第四是不妄語,不妄語是不欺騙人。第五條是不飲酒。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第六集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0006