Tuesday 12 March 2019

124.Memohon pengampunan pada setan dan malaikat


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Memohon pengampunan pada setan dan malaikat

Ada lagi kepercayaan takhayul yang disebut “Jiezhou”, dimana si penganut kepercayaan memohon pada setan dan malaikat supaya ikatan permusuhannya dengan seseorang dapat dihapus.

Mungkin saja dia telah menyakiti orang lain sehingga dihantui rasa bersalah, lalu memohon pada setan dan malaikat supaya mengampuni dosanya.

Orang begini tidak tahu menyesali kesalahannya di masa lalu, tidak tahu memperbaiki diri supaya tidak mengulangi kesalahan di masa datang, maka itu memohon pada setan dan malaikat cuma sia-sia saja. Ini termasuk kepercayaan takhayul, tiada faedahnya.

Yang menciptakan dosa itu adalah hati, makanya bertobat itu mesti dibangkitkan dari dalam hati, andaikata hati yang menciptakan karma buruk itu tidak ada, maka dosa juga takkan ada.

Dengan perkataan lagi, selama anda memiliki sebutir hati yang jahat, maka dosamu juga takkan sirna, kalau benih-benih karma buruk ini masih ada, maka seperti yang dikatakan bahwa “Ketika benih karma bertemu dengan faktor pendukung”, maka buah akibatnya juga harus ditanggung diri sendiri.  

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 12
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0012


淨空老法師開示節錄 :
解奏

「解奏」無非是要他赦免,自己感覺到自己有罪過,求鬼神原諒我,赦免我的罪。不知道懺悔以往,不曉得修將來,這個於事無益,這是屬於迷信,於事無益。「佛門有言,罪若起時將心懺,心若亡時罪亦亡」,我想有很多同修都念過這兩句偈子。這個心就是造作一切罪惡之心,心造罪還是要心懺悔,造罪業的心沒有,罪也就沒有;換句話說,你只要有這個心,這個心如果就佛法來講就是心意識,就是心心所。你要有心心所,用心心所的話,心心所還當家、還用事,你這個罪不亡,這個罪存在,所謂是「因緣聚會時」,這個罪必定它有果報。必須要到所謂心境俱亡,這時候轉識成智,轉阿賴耶成大圓鏡智,心若亡時就是轉阿賴耶為大圓鏡智,這時候無始的罪業也消除了,這在佛法講是真實的懺悔。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第十二集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0012