Friday 8 March 2019

94.Pendukung Dharma Bgn 2


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Pendukung Dharma
(Bagian 2)  

Yang kedua adalah melestarikan Buddha Dharma, yakni menyebarluaskannya, termasuk buku sutra dan buku Dharma, penjelasan yang ditulis oleh para praktisi senior tempo dulu, kita harus melestarikan dan menyebarluaskan-nya.

Mengenai bacaan yang menyesatkan, kita harus menjauhinya. Buku-buku yang isinya menyesatkan beredar luas dalam masyarakat sekarang ini, bahkan dapat kita jumpai di mana-mana, sehingga khalayak ramai tidak tahu membedakan mana yang merupakan Ajaran Buddha murni dan mana yang merupakan tiruan, kita harus menggunakan kebijaksanaan untuk membedakannya. Mana yang pantas kita sebarluaskan dan mana yang harus kita jauhi, jangan sampai menyebarluaskan ajaran sesat.

Yang ketiga adalah mendukung praktisi sejati, tak peduli praktisi sejati itu adalah anggota Sangha atau orang awam, kita harus memberi motivasi pada mereka, membina orang-orang berbakat untuk menyebarluaskan Buddha Dharma, mendukung orang-orang berbakat ini.

Sebagus apapun Buddha Dharma itu, tanpa ada penerus yang melanjutkan menyebarluaskan-nya, maka juga tak berdaya.

Maka itu insan berbakat menjadi pusaka Buddha Dharma. Andaikata kita melihat insan berbakat, lalu mengerahkan segenap kemampuan untuk membantunya, memberi motivasi serta membantunya supaya dia bisa berhasil, maka jasa kebajikan ini adalah tak terhingga dan tanpa batas.

Umpamanya guru sesepuh aliran Zen ke-6, Master Huineng, beruntung dapat bersua dengan Master Yinzong. Master Yinzong setelah menahbiskan Master Huineng, kemudian mengangkat Master Huineng menjadi gurunya.

Contoh lainnya adalah Bao Shu-ya membantu Guan Zhong (-645 SM), Guan Zhong adalah politikus tersohor Negera Qi pada periode Semi dan Gugur.

Coba kita pikirkan, para era Sesepuh ke-6, di Jiangnan sudah berdiri banyak vihara, juga terdapat banyak anggota Sangha, maka itu sebelum bersua dengan Master Yinzong, tentunya Sesepuh ke-6 sudah pernah berkunjung ke vihara-vihara lainnya, mungkin juga pernah berdiskusi dengan para Bhiksu lainnya.  

Namun sayangnya tidak ada yang mengenali bakat Sesepuh ke-6, seperti Master Yinzong yang begitu melihat Sesepuh ke-6 langsung mengenalinya sebagai insan berbakat.

Sesepuh ke-6 sering tampil di dalam masyarakat, namun sayangnya tidak ada orang yang mengenali bakatnya, hanya Master Yinzong yang begitu bijaksana, jasa kebajikan ini telah jadi miliknya.

Demikian pula dengan Guan Zhong, tidak ada orang yang mengenali bakatnya, akhirnya Bao Shu-ya mengetahui Guan Zhong adalah insan berbakat, merupakan pusaka, makanya Bao Shu-ya membantu Guan Zhong hingga meraih kesuksesan.

Maka itu kesuksesan Guan Zhong juga adalah kesuksesan Bao Shu-ya, jasa kebajikan Master Huineng juga merupakan jasa kebajikan Master Yin Zong

Video Riwayat Master Huineng :

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 09
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0009


淨空老法師開示節錄 :
真正的護法
(二)

第二流通大教,這是護教,教著重的是經典、古德的註疏,所謂「佛之心,經之旨」,經論的宗旨,我們要護持、要流傳,要普遍的去宣傳。至於一些愚談,貽誤眾生的這些言論、這些出版物,我們不要去理會它。而現在這些東西充斥在世間太多了,幾乎隨時隨處都能看得見,正是經裡面講邪魔亂證真,我們要有慧眼去識別它,能夠認識它。哪些我們要弘揚,哪些我們要禁止的,至少我們自己不給它做宣傳,不流通這一類邪見愚談。

  第三就是要幫助真正好的學道的人,無論是出家或者是在家,我們要鼓勵他,為佛法培養人才,護持人才,也就是護僧。佛法再好,沒有好的人來繼承、來弘揚、來光大,那也是沒有辦法的。所以人才變成國家之寶,鄉里之寶,在佛法裡面,人才是佛門之寶。我們要認識,你要發現到真正是個人才,有學、有行、有道,你要遇到這個人,你真正是遇到寶了,你全心全力去幫助他、鼓勵他、成就他,你有無量無邊的功德。像印宗幫助六祖,鮑叔牙幫助管仲,這種機緣真是百千萬劫難遭遇,你一下碰到了,你的善根福德因緣,你碰到了,你有慧眼,功德你去修。我們想想,六祖大師那時候,江南已經有不少寺院,也有不少出家人,六祖其他的寺院沒去過嗎?其他的出家人沒有在一塊談論過嗎?我想這是不可能的事情。十多年的時間他在獵人隊裡面,獵人在山上打獵,常常接近寺院庵堂,我想六祖也常常碰到,但是沒有一個有慧眼的,像印宗法師。他是個寶,時時示現在人間,世間人愚痴不認識,印宗是個識貨的人,他有慧眼,他能認識寶物,他一看這不平常,這個功德被他修去了,別人沒有能夠得到。管仲有雄才大略,是個寶,別人沒發現,被他的朋友鮑叔牙發現,知道這個人是非常人,所以他能夠護持他,他能夠幫助他,能夠成就他。管仲一生的事業就是鮑叔牙的,六祖大師弘化眾生種種功德就是印宗法師的,六祖在面前也不能否認,我們要曉得這個道理。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第九集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0009