Monday 18 February 2019

07.Memancarkan Cahaya


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul :  Memancarkan Cahaya

Kita menyumbangkan keluar kebijaksanaan kita, digunakan untuk menyelamatkan para makhluk, yakni menggunakan kebijaksanaan dan kemampuan kita untuk dipersembahkan kepada masyarakat, negara dan semua makhluk, inilah yang disebut sebagai memancarkan cahaya.

Jadi maksud dari memancarkan cahaya bukanlah berarti anda duduk manis di sana, lalu bagian kepala anda mengeluarkan sinar terang benderang, atau sekujur tubuhmu bersinar-sinar, bukan begini maksudnya. Cahaya begini tidak ada gunanya, oleh karena sebanyak apapun cahaya yang anda pancarkan, orang lain juga tidak bisa memperoleh manfaatnya.

Maka itu praktisi sekalian hendaknya memahami makna dari memancarkan cahaya, yakni bagaimana supaya para makhluk memperoleh manfaat dari kebijaksanaan yang dimiliki dirimu.

Anda memiliki kebijaksanaan yang dapat dipersembahkan kepada seluruh lapisan masyarakat, sehingga semua makhluk memperoleh manfaatnya, inilah yang dimaksud dengan memancarkan cahaya.

Maka itu setiap anda melihat pelita minyak di altar Buddha, harus teringat untuk mengembangkan kebijaksanaan. Inilah maknanya.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 02
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0002


淨空老法師開示節錄 :
大放光明

我們把我們的心智貢獻出來,發願裡頭說「眾生無邊誓願度」,我們就要來度眾生,就是把我們智慧、德能貢獻給社會、貢獻給國家、貢獻給一切眾生,這叫什麼?這叫大放光明,是這個意思。大放光明不是你自己坐在那裡,頭上也放光,肩膀、身上都放光,不是那個意思。你那個光放得再大,別人也得不到好處,別人得不到利益。所以諸位要知道,大放光明是這個意思,是叫一切眾生都得到你智慧的好處。你有智慧能夠供應給社會,能夠貢獻給國家,國家、社會、大眾都得到你的好處,這叫做大放光明。佛面前這個燈是表這個意思,我們明白,我們曉得了,你曉得之後,你從早到晚,無論在什麼地方,凡是見到燈,就是提醒我們,我要求智慧。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第二集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0002