Monday 18 February 2019

09.Energi terkuras oleh bentuk pikiran


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul :  Energi terkuras oleh bentuk pikiran

Energi yang dibutuhkan orang awam lebih banyak daripada praktisi, makanya orang awam makan 3-5 kali sehari, sedangkan praktisi makannya lebih sedikit.

Sama-sama adalah manusia, mengapa ada yang butuh porsi makanan yang banyak dan ada yang cuma butuh sedikit, mari kita telusuri ke mana habisnya energi kita terkuras.

Ketika masih menjadi praktisi pemula, saya pernah membahas hal ini dengan Guru Li (Upasaka Li Bing-nan). Lebih dari 90 persen energi kita habis terkuras oleh bentuk-bentuk pikiran, sedangkan kerja keras saja tidak menguras sampai begitu banyak energi kita.

Kita dapat melihat ada orang yang sedang mengalami stres, porsi makanannya jadi banyak, demikian pula dengan orang-orang yang memiliki banyak bentuk pikiran, dia butuh energi dalam jumlah besar.

Seorang praktisi hendaknya menjernihkan hati dan mengurangi nafsu keinginan, yakni mensucikan hati dan pikiran, dengan demikian meskipun tekun bekerja juga takkan menguras banyak energi, jadi makan satu kali sehari sudah cukup, oleh karena bentuk-bentuk pikirannya lebih sedikit daripada orang awam.

Ketika seorang praktisi mencapai tingkatan kesucian Arahat, hati dan pikiran Arahat lebih suci daripada orang awam, makanya Arahat makan seminggu cuma satu kali saja.

Praktisi pemula makan sehari satu kali, sedangkan Arahat makan seminggu satu kali. Pratyekabuddha memiliki hati yang lebih suci lagi, makanya Pratyekabuddha setengah bulan baru makan satu kali.

Mereka juga melakukan pindapatra, Pratyekabuddha setengah bulan se-kali melakukan pindapatra, Arahat melakukan pindapatra seminggu se-kali, sedangkan Bhikkhu awam tiap hari melakukan pindapatra sebanyak satu kali.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 03
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0003


淨空老法師開示節錄 :
能量消耗在妄念

普通人身體體力的消耗,我們講能量的消耗,比一個修行人要大得很多,所以他要吃三餐、要吃五餐,他必須要補充那麼多;修行人他需要的少。

同樣是人,同樣是這部機器,為什麼有的需要的多、有的需要的少,我們得研究能量消耗到哪裡去了。這個事情,我在學佛初期曾經跟李老師在一起研究過這個問題。能量的消耗,我們今天講體力的消耗,百分之九十以上是消耗在妄念上,實在講與勞心、勞力都沒有多大的關係。有很多人很操心,他飲食很少,有很多人他用力氣,他飲食也不多,可見得這個事情與勞心勞力沒有太大的影響。凡是操心的人、妄念多的人,他就需要大量的熱能來補充。學佛的人最重要的就是清心寡欲,所謂是心地清淨,一塵不染,心清淨,無論是勞心勞力,需要的能量都不多,因此一餐就夠了,因為他的妄念比普通人少。到阿羅漢果的時候,四果羅漢他的心比我們一般人更清淨,所以他一個星期只需要吃一餐飯。我們一般修行人,初學的人,一天吃一餐,阿羅漢是一個星期吃一餐。辟支佛的心更清淨,所以辟支佛我們在經典裡面看,他是半個月吃一餐。他們也是在外面托缽,辟支佛是半個月出來托一次缽,阿羅漢是一個星期出來托一次缽,凡夫僧是每天出來托一次缽。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第三集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0003