Saturday 9 March 2019

102.Tidak percaya adanya Buddha di dunia ini Bgn 2


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Tidak percaya adanya Buddha di dunia ini
(Bagian 2)

Waktu itu ada beberapa sahabat Dharma yang juga hadir di sana, mata mereka melotot pada Tuan A, sementara si A begitu bersemangat dengan celotehnya. Saya melihat si A sudah berceloteh dua jam lamanya, dia tampak sudah capek juga kehausan, saya segera menuangkan segelas air buatnya, dia segera meneguknya, dia bilang kalau dia sudah haus sekali, bahkan tenggorokan pun sudah kering, kasihan sekali.

Lalu saya berkata : “Tuan, bolehkah saya minta bimbingan dari anda?”. Dia segera menjawab : “Tentu saja boleh, katakan saja!”

Saya melanjutkan perkataanku : “Andaikata kita ingin mengkritik selembar artikel, apakah sebelumnya kita harus membacanya dari awal sampai akhir, lalu menelitinya dengan seksama, barulah melontarkan kritikan bukan?”

“Betul! Memang begini caranya”.

“Anda sekarang mengkritik Ajaran Buddha, apakah anda sudah membaca sutra Buddha?”

“Saya tidak pernah membacanya”.

“Di Perpustakaan ini, setiap Hari Rabu kami menyelenggarakan kegiatan ceramah, apakah anda pernah hadir dan ikut mendengarnya?”

“Belum pernah”.

Saya berkata : “Nyalimu tidak kecil ya, lihatlah kami di sini berjumlah belasan orang menyaksikan kekonyolanmu. Ajaran Buddha memang mempersilahkan anda melontarkan kritikan, saya juga berharap anda mengkritik kami habis-habisan, sehingga kami yang anda sebut sebagai iblis takhayul, dapat diselamatkan.

Tetapi apabila anda bermaksud menghujat Ajaran Buddha, ingin menjatuhkan Ajaran Buddha, di dalam buku strategi perang disebutkan bahwa “Mengenali diri sendiri dan mengenali lawan, barulah dapat memenangkan setiap pertempuran”, hendaknya setiap Hari Rabu anda hadir di sini mendengar apa yang kami ceramahkan.

Selain itu di ruang perpustakaan ini tersedia buku “Tripitaka”, anda hendaknya membacanya dengan penuh seksama, setelah memahami Ajaran Buddha dan mengetahui dimana letak kelemahannya, barulah mengkritik juga belum terlambat!

Sekarang anda tidak tahu-menahu tentang Ajaran Buddha, cuma mendengar rumor-rumor yang disebarkan orang lain, orang lain omong begitu, anda juga ikut omong begitu, sembarangan mendengar sana-sini, tanpa sumber yang jelas, anda percaya begitu saja, apa tidak takut jadi bahan tertawaan?”

Dia berceloteh selama 2 jam, saya balas dengan beberapa kalimat saja, namun cukup membuat wajahnya memerah karena malu, langsung pamit dan pulang. Dua hari kemudian dia datang minta maaf padaku dan kali ini gaya bicaranya sudah bersahabat.

Setelah kepergiannya, para sahabat Dharma memuji, tidak disangka ya, anda masih memiliki satu jurus begini. Saya bilang, berdebat dengan orang seperti si A itu tidak ada gunanya, jadi biarkan saja dia berceloteh sampai puas, akhirnya dengan satu pukulan telak berhasil menyadarkan-nya. Mengapa demikian?

Tidak berdaya berdebat dengannya, oleh karena dia sama sekali tidak menguasai materi, celotehnya juga tidak jelas, jadi lebih baik membiarkannya, sampai akhirnya kita kasih dia satu pukulan telak, dia langsung tercerahkan.

Saya mengangguk-angguk dan tidak membela Ajaran Buddha, berharap anda menjatuhkan Ajaran Buddha lalu menyelamatkan kami. Tetapi sebelum anda menjatuhkan Ajaran Buddha, terlebih dulu harus mempelajari dan menguasainya, anda harus datang mendengar ceramah kami, tiap hari membaca Tripitaka, kalau tidak menguasai materi, bagaimana bisa melontarkan kritikan?

“Tidak percaya adanya Buddha di dunia ini, mengatakan Ajaran Buddha bukanlah Jalan Agung”. Ini adalah moha (kedunguan), sesatnya sudah sampai sedemikian parahnya.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 11
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0011


淨空老法師開示節錄 :
不信世有佛
(二)

當時有十幾個人都在旁邊,眼睛看著他,聽著他在高談闊論。我看他講了兩個鐘點,我給他倒了一杯茶,他口都說乾了,很可憐,我說:先生,我有個問題請教你。他說:好,你有什麼問題,你說!我說:「如果我們要批評一篇文章的話,是不是要先把那篇文章看一遍,仔細的去研究研究,再來批評它?」「對!是這樣的。」我說,「你批評佛教,佛教的經典你看過嗎?」「我沒有看過。」「我們這個地方每個星期三講經,你來聽過嗎?」「我也沒有來聽過。」我說:「你膽子倒不小,你看看我們這裡十幾個人都在看你的笑話。佛教歡迎你批評,我也很希望你能把佛教批駁倒,把我們這些迷信的魔鬼都能夠救起來。可是你要想批評佛教,要想把佛教消滅掉,兵法上說「知己知彼,百戰百勝」,你先每個星期三來聽經,我們圖書館有《大藏經》,真正用心來閱覽,把佛教統統搞清楚了,真正毛病在哪裡,再說話不遲!你現在什麼都沒搞清楚,聽人家說,人云亦云,道聽塗說,你不怕別人笑話嗎?」他說了兩個鐘點,我就說了幾句話,把他說得面紅耳赤跑回去了。過了兩天帶了一個牧師來給我道歉,給我說好話。

  他走了以後,我們的同學來告訴我,沒有想到你最後有這麼一招。我說那種人沒法子談,讓他發揮,發揮到狠勁,當頭一棒才能打醒他。為什麼?不能跟他辯,他是無理胡鬧,愈辯愈辯不清楚,不如讓他充分的發揮,發揮到了極處,他不提防的時候給他一棒,才會把他打醒。我也贊成他,我們不維護佛教,希望你把佛教打倒,救救我們。但是你要把佛教打倒你得要研究,你得天天來聽經,天天來閱覽經典,《大藏經》有一萬多卷,你不下功夫你怎麼有能力來批判?所以,『不信世有佛,言佛非大道』,這是愚痴、迷惑到了極處。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第十一集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0011