Tuesday 19 February 2019

12.Cara melafal Amituofo supaya efektif


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul :  Bagaimana cara melafal Amituofo supaya efektif?

“Melanggar Sila” maksudnya adalah dalam kehidupan kesehariannya, tindakannya bertentangan dengan teori dan metode yang disampaikan oleh Buddha Sakyamuni kepada kita semuanya.

Umpamanya tadi pagi ada seorang lansia yang kondisinya lemah, tampaknya sedang sakit-sakitan, datang bertanya padaku, bagaimana caranya melafal Amituofo barulah bisa efektif? Pertanyaan ini sangat penting sekali.

Keluarganya berkata kadang kala lansia ini melafal “Namo Amituofo”, dia berkata ini sangat bagus. Saya bilang padanya, sepatah “Namo Amituofo”, anak usia 3 tahun juga bisa melafalnya, ada orang yang melafal Amituofo dan merasakan manfaatnya, sebaliknya ada pula orang yang melafal Amituofo tapi tidak efektif. Mengapa demikian?

Buddha Sakyamuni selalu menyampaikannya di dalam sutra bahwa bila pikiran suci maka lingkungan pun jadi suci. Maka itu untuk melafal sepatah Amituofo, yang paling penting adalah mesti memahami maknanya.

“Namo A-Mi-Tuo-Fo”, Namo artinya adalah berlindung, A artinya tanpa, Mi-Tuo artinya batas, Fo artinya pencerahan, jadi bila digabungkan, artinya adalah “Berlindung pada pencerahan tanpa batas”.

Sebelumnya kita telah membahas makna dari pencerahan, yakni ketika enam indria (mata, telinga, hidung, lidah, tubuh, pikiran) melakukan kontak dengan enam kondisi luar (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran), takkan muncul perasaan suka maupun benci, inilah yang disebut sebagai pencerahan, setelah tercerahkan barulah anda memiliki pengetahuan benar dan pandangan benar, setelah tercerahkan maka dengan sendirinya enam indria jadi suci.

Maka itu di dalam sutra sering tercantum bahwa dengan pikiran suci maka lingkungan pun jadi suci, mana ada alasan tidak terlahir ke Alam Sukhavati? Pasti terlahir ke Alam Sukhavati.

Negeri ini disebut sebagai Tanah Suci, oleh karena hatimu suci maka memunculkan Tanah Suci, ini merupakan kebenaran yang pasti. Maka itu bagaimana cara melafal Amituofo supaya efektif? Yakni dengan pikiran suci melafal Amituofo barulah bisa efektif.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 03
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0003


淨空老法師開示節錄 :
怎樣念佛才有效果

『違犯戒律』,就是講他日常的行持完全違背了佛陀教給我們的理論與方法,就是修正行為的理論與方法他是完全違背了。譬如今天早晨有個老人體力很衰,我看他病很重,他來問我,要怎樣念佛才有效果?這個問題問得很重要。他家裡人說他有時候也念「南無阿彌陀佛」,他說這很好了。我就跟他講,這一句「南無阿彌陀佛」連三歲小孩也會念,有人念的有效,有人念的無效,為什麼?經論裡頭佛常常給我們開導,「心淨則土淨」。所以念這一句佛號最重要的,我們要曉得這句佛號是什麼意思。譬如說,「南無阿彌陀佛」這六個字都是梵語,「南無」翻成中國的意思是皈依,「阿」是無的意思,「彌陀」是量的意思,「佛」是覺的意思,合起來以中國意思來說是「皈依無量覺」。前面跟諸位說過,六根觸境不迷就叫做覺,覺了當然你就是正知正見,覺悟了自然六根清淨,一塵不染。所以經論當中常常講心淨則土淨,哪有不往生的道理?決定往生。那個國土叫淨土,你自己的心清淨,清淨心生清淨土,這是必然的道理。由此可知,我們念佛求什麼?要求清淨心;換句話說,要用清淨心來念這一句佛號才有用。
 
文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第三集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0003