Petikan Ceramah
Master Chin Kung
Judul : Manusia
sengsara
(Bagian
2)
“Andaikata terlahir
jadi manusia, dia akan lahir di tempat yang tidak ada Buddha Dharma, sehingga
diliputi kedunguan, lima indranya tidak bijaksana, kaki pincang atau kedua kaki
cacat dan bisu, bingung dan tidak memahami kebenaran, menciptakan karma buruk
lagi, jatuh kembali ke tiga alam rendah menjalani siksaan”.
“Andaikata terlahir
jadi manusia”, setelah usai menjalani masa hukuman di tiga alam rendah, benih
Alam Manusia yang tertanam di dalam Alayavijanana (gudang kesadaran) muncul ke permukaan,
sehingga dia terlahir kembali jadi manusia.
Tetapi bagaimana
keadaannya setelah lahir ke Alam Manusia? Oleh karena dia membawa tabiat alam
rendah, dimanakah dia akan lahir? Dia akan lahir di daerah yang terbelakang,
atau di tempat yang tidak ada Buddha Dharma-nya, di dalam lingkungan masyarakat
yang berpengetahuan sesat dan berpandangan sesat.
Oleh karena lahir
di tempat yang tidak ada perkembangan Buddha Dharma, makanya orang ini dungu.
“Lima indranya tidak bijaksana”, ini artinya telinga dan mata tidak cerdas,
walaupun punya mata yang jernih, tapi tidak dapat membedakan mana yang benar
dan mana yang salah.
Meskipun punya
telinga, tetapi tidak dapat mendengar kebenaran, asli dan tiruan, baik dan
jahat, benar dan salah, tidak tahu membedakannya, bagaimana pun dijelaskan, tetap
saja tidak paham.
“Kaki pincang atau
kedua kaki cacat dan bisu”, ini menunjukkan kondisinya buta, tuli dan bisu, ini
merupakan balasan karma buruknya.
“Bingung dan tidak memahami kebenaran”.
Walaupun telah terlahir jadi manusia, namun sepanjang hidupnya bingung dan
bimbang, tidak memahami kebenaran.
“Menciptakan karma
buruk lagi, jatuh kembali ke tiga alam rendah menjalani siksaan”, seperti yang telah
kita jelaskan sebelumnya.
Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari
Belajar Buddha Dharma
Serial : 12
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0012
淨空老法師開示節錄 :
世間受罪之人
(二)
【若時得為人。蠻狄無義理。痴駿無孔竅。跛躄瘂不語。矇矓不達事。惡惡相牽拘。】
『若時得為人』,惡道罪滿的時候又得到人身,八識田裡面人道的種子起現行。可是到人道怎麼樣?他因為帶著有惡道的習氣,他生在哪裡?生在『蠻狄』,「蠻狄」就是沒有開化的地方,或者說沒有正法的地方,生在邪知邪見的社會環境裡面。『無義理』,前面跟諸位講過,有理則安,無理則危,他生在這麼一個地方。如果以佛法來說,就是生在一個沒有佛法弘揚的處所,所以這個人顯得愚痴、痴呆、痴騃。『無孔竅』,這個意思就是說耳目不聰明,雖有眼睛,不能辨是非,雖有耳朵,不能聽善言,真假、善惡、是非、利害都不能夠辨別,怎麼講他也不懂,等於是「無孔竅」也,呆瓜一個。
『跛躄啞不語』,一隻腳殘廢了叫跛,兩隻腳都殘廢了叫躄,啞是啞巴,這就是講的盲聾瘖啞,他得這樣的果報。『矇矓』是糊塗,雖然是個人,一生糊裡糊塗,不通達事理。『惡惡相牽拘』,就是剛才我跟諸位說的意思。
文摘恭錄
— 阿難問事佛吉凶經 (第十二集) 1982 台灣景美華藏圖書館 檔名:15-006-0012