Thursday 21 February 2019

24.Berkah dan petaka ada pada sebersit niat pikiran


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Berkah dan petaka ada pada sebersit niat pikiran

Orang-orang yang sesat mengejar ketenaran dan keuntungan duniawi, seperti yang telah kita bahas sebelumnya, dia dibelenggu oleh benih tiga alam rendah, yakni lobha (ketamakan), dosa (kebencian) dan moha (kebodohan).

Keserakahan hatinya kian hari kian meningkat, kebencian hatinya juga kian hari kian meningkat, tiap hari dia sibuk menanami Alayavijnana-nya dengan benih Neraka, benih Alam Setan Kelaparan dan benih Alam Binatang.

Praktisi sekalian cobalah pikirkan, kelak ke mana orang ini akan menuju? Tentu saja sesuai dengan benih yang ditanamnya yakni jatuh ke tiga alam rendah. Ini merupakan hal yang pasti.

Maka itu insan yang tercerahkan akan mengamati dunia ini dengan pandangan yang jernih, mengetahui ke mana manusia di dunia ini kelak akan menuju.

Jadi tidak perlu menanyakan kepada peramal, setelah mati nanti akan terlahir di alam mana, sekarang saja sudah bisa melihat hasilnya, kelak akan terlahir di alam mana.

Juga tidak perlu menanyakan kepada peramal, ramalan baik dan ramalan buruk, tidak perlu sama sekali, lihat saja sekarang bagaimana niat pikiran yang timbul, ucapan dan tindakan kita, maka sudah bisa dipahami bagaimana kejadian mendatang yang akan kita hadapi, serta ke alam mana kelak kita akan menuju.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 04
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0004


淨空老法師開示節錄 :
吉凶禍福就在起心動念

一些迷惑顛倒的人,他貪圖世間名聞利養,就是剛才講的三途所見綴縛。他的貪心增長,愈來愈貪,瞋恚心增長,愈來瞋恚愈重,這麻煩大了。他是把他自己阿賴耶識裡面的地獄種子、餓鬼種子、畜生種子加上增上緣,諸位想想,他來生怎麼不墮三惡道?這是一定的道理。所以在佛法修學稍稍有點心得成就的人,冷眼觀察世間,就曉得世間人,哪個人向哪個方向走,哪個人往哪個道路上走。不必說死了以後再去給他占卜,問這些吉凶禍福,用不著,就在現前他的起心動念、言語造作我們就十分的瞭解,在十法界裡頭他走的是哪個道路,他往的是哪一個法界去。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第四集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0004