Sunday 17 February 2019

01.Ganjaran dan Balasan dari belajar Buddha Dharma


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Ganjaran dan Balasan dari belajar Buddha Dharma

Dalam belajar Ajaran Buddha, mesti mengamalkan secara menyeluruh. Apabila hanya mengamalkan sebagian saja, sementara bagian lainnya tidak sudi diamalkan, anda juga bisa memperoleh balasan baiknya, hanya saja tidak sempurna.

Umpamanya anda menggunakan Ajaran Buddha untuk mengejar ketenaran dan keuntungan buat diri sendiri, maka anda ini adalah praktisi ecek-ecek, buah akibat dari berpura-pura belajar Ajaran Buddha tentu saja mendatangkan malapetaka.

Sedangkan praktisi tulen yang benar-benar belajar Ajaran Buddha pasti akan mendapatkan balasan yang baik. Hal ini mesti kita pahami, kita harus jadi praktisi sejati dan jangan menjadi praktisi munafik.

Di dalam masyarakat hari ini, serupa dengan yang disebutkan di dalam “Surangama Sutra”, pada jaman berakhirnya Dharma, hari ini merupakan era perseteruan, Buddha Sakyamuni memberitahukan pada kita bahwa di dalam periode ini, fenomena-fenomena aneh yang muncul, merupakan “guru sesat yang menceramahkan Dharma, banyaknya bagaikan butiran pasir di Sungai Gangga”.

Mara, siluman dan setan jahat lainnya, bercampur baur di alam manusia, sehingga mata anda kabur dan tidak berdaya membedakannya. Setiap hari berada bersama Mara, siluman dan setan jahat lainnya, tetapi diri sendiri malah tidak menyadarinya, mengira itu adalah Ajaran Buddha yang asli.

Sementara Ajaran Buddha yang asli malah anda hujat, menganggapnya sudah kuno, ketinggalan zaman, sudah tidak dibutuhkan lagi, hendaknya disingkirkan, ini dikarenakan pikiranmu sudah disesatkan Mara.

Orang lain sesat atau tidak, kita tidak membahasnya, yang penting sekarang adalah diri sendiri mesti melakukan introspeksi diri, apakah kita tidak kehilangan arah, apakah kita telah mengamalkan sesuai ajaran, hal ini sangat penting adanya.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 01
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0001


淨空老法師開示節錄 :
學佛的果報

全依佛教給我們的理論、方法實踐、力行者,這是真的,大家注意我在此地寫的「全依」,百分之百的依從,你得到的果報也是百分之百的圓滿。你要是依從一部分,又不肯依從一部分,你也能得吉祥的果報,但是你那個果報不圓滿;換句話說,因與果是成正比例的。萬一你要是假借佛教名義,在這個裡面貪圖私利者,那你是假學佛的,假學佛的果報當然是凶災。所以下面我們很肯定的得到一個結論,真學佛的一定是吉利的,假學佛的他必定要遭凶災。這一點我們要明瞭,要好好的記住,我們要真學佛,我們不可以假修。在今天社會裡面,正如同《楞嚴經》裡面所說的,末法時期,今天是鬥諍堅固的時代,佛告訴我們在這個時期所出現的一些怪現象,是「邪師說法如恆河沙」,令一切眾生無所適從;換句話說,妖魔鬼怪充斥在人間,叫你眼花撩亂,沒有辦法辨別。成天跟妖魔鬼怪走,你自己不曉得,你還以為那是正法;真正如來的正法,你還要毀謗它,你認為它那是老了、舊了,現在不需要,應該被打倒、被淘汰,這就是被妖魔鬼怪所迷惑。別人迷與不迷我們暫且不論,首先要反省、要檢點自己,我們有沒有迷失方向,有沒有把路子走錯,這一點非常重要。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第一集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0001