Monday 11 March 2019

118.Warisan pahala Buddha Sakyamuni


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Warisan pahala Buddha Sakyamuni

“Anugerah dari Buddha”, hal ini diucapkan oleh Buddha Sakyamuni sendiri. Ketika Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma di dunia, rata-rata usia manusia mencapai 100 tahun, tetapi Buddha Sakyamuni sendiri pada usia 80 tahun telah memasuki Parinirvana, jadi Sang Buddha masih memiliki sisa pahala 20 tahun.

Buddha Sakyamuni membabarkan bahwa sisa 20 tahun pahalaNya tersebut adalah diperuntukkan bagi para siswa Buddha di kemudian hari, agar 4 jenis kebutuhan hidup mereka tidak pernah kekurangan.

Yang dimaksud 4 jenis kebutuhan hidup adalah makanan minuman, pakaian, alas tidur dan obat-obatan, supaya mereka takkan hidup kekurangan, sehingga dapat meraih keberhasilan dalam pelatihan diri.

Hal ini disampaikan oleh Buddha Sakyamuni kepada kita, apakah kita boleh tidak percaya? Andaikata anda percaya maka anda telah berhasil, hatimu suci dan damai, pikiran tenang karena telah memahami kebenaran.

Kalau tidak percaya pada kekuatan Bodhisattva Skanda, tidak percaya pada anugerah sisa 20 tahun pahala warisan Buddha Sakyamuni, memikirkan segala cara bagaimana supaya bisa memperoleh dana dari umat, seperti kata pepatah “Biarawan tidak kreatif, umat tidak datang sembahyang”, ini bukanlah sanjungan melainkan makian.

Memikirkan segala cara bagaimana supaya umat berbondong-bondong datang sembahyang, tujuannya adalah supaya mereka mengantar dana kemari, mengejar ketenaran dan keuntungan, ini adalah tindakan tipu muslihat, menciptakan dosa tak terhingga.

Ini dikarenakan “Tidak percaya dan banyak curiga”, terhadap Buddha Dharma tidak percaya, maka itu keraguan merupakan rintangan besar bagi praktisi.

“Dungu tidak tahu membedakan benar dan salah”, dia tidak tahu membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Atas perbuatannya ini, dosanya kian hari kian bertambah berat, masa depannya hitam kelam, ini adalah petaka akibat kedunguannya.

Kita mesti melakukan introspeksi diri, sebagai siswa Buddha, baik praktisi non awam maupun praktisi awam, apakah kita juga melakukan kesalahan ini?

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 12
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0012


淨空老法師開示節錄 :
白毫之賜

「白毫之賜」這是釋迦牟尼佛自己講的。世尊出現那個時候人壽百歲,但是釋迦牟尼佛八十歲圓寂,沒有到百歲,應該要活一百歲,他八十歲圓寂了,他還有二十年的福報。佛講我白毫光中有一分的福報,供養後世的佛弟子,叫他們四事無缺,四事就是飲食、衣服、臥具、害病時的醫藥,叫他樣樣都不缺,使他們能夠成就道業。這是釋迦牟尼佛告訴我們的,我們能不信嗎?如果你相信,你就有成就了,你心清淨,心就安穩,心安理得,道理明白了你心安。不相信韋馱菩薩,不相信釋迦牟尼佛白毫之賜,想盡方法求信徒的供養,俗話所謂「和尚不作怪,居士不來拜」,這個話是罵人的。想盡花樣叫居士到這裡來拜,目的在哪裡?目的是來送供養的,求取名聞利養,這是種欺詐的行為,這是造無邊的罪業。這就是『不信多狐疑』,對佛法不能相信,諸位想想,是不是疑為大障?  

  『愚痴不別道』,「愚」是沒有智慧,「痴」是不覺悟,他不能夠辨別因果之理,真假之道。『罪深更逮冥』,以這樣的造作、罪業,一天比一天深重,「罪深」,「逮冥」,冥是講他的前途一片黑暗。這首是說的愚痴自己招來的殃禍,我們要反省、要檢點,我們自己學佛,無論是在家出家,我們有沒有犯這個過錯?

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第十二集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0012