Monday 25 February 2019

47.Dana materi tak sebanding dengan Dharma Dana


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Dana materi tak sebanding dengan Dharma Dana

Orang miskin meskipun kondisinya memprihatinkan, tetapi orang kaya kondisinya lebih memprihatinkan lagi, mengapa demikian? Ketika bertumimbal lahir, hasilnya berbeda.

Orang kaya mudah menciptakan karma buruk, makanya akibatnya juga berat; orang miskin tidak punya banyak uang buat menciptakan karma buruk, jadi balasannya lebih ringan.

Kita melihat orang miskin patut dikasihani, tetapi tahukah anda bahwa orang kaya lebih patut dikasihani, mereka miskin dalam kebijaksanaan, mereka miskin dalam etika moral, kemiskinan ini lebih terpuruk daripada miskin harta benda.

Maka itu dalam hal menanam berkah, apabila anda memahami kenyataan di atas, anda akan tahu bahwa dengan menyalurkan bantuan, memberi sedikit makanan dan pakaian pada fakir miskin, berkah yang anda tanam cuma sedikit.

Walaupun uluran tangan anda termasuk salah satu dari tiga jenis ladang berkah yakni “Ladang Derma”, namun hasilnya kecil. Walaupun anda sanggup mendermakan banyak harta benda, namun perolehannya juga tidaklah seberapa.

Anda harus memahami bahwa mereka yang menderita kemiskinan batiniah, miskin dalam etika moral, miskin dalam kebijaksanaan, apabila anda bersedia membantu mereka, pahala begini barulah besar.

Di dalam semua judul sutra, Buddha Sakyamuni senantiasa berpesan bahwa  Dharma Dana  melampaui dana materi. “Sutra Intan” menyebutkan, andaikata sanggup mendanakan tujuh mustika sebanyak yang tersebar di tiga ribu maha ribu dunia, juga tak sebanding dengan jasa kebajikan menyampaikan empat baris kalimat gatha dalam sutra tersebut; ini menunjukkan bahwa dana materi tak sebanding dengan Dharma Dana.

Dharma Dana membantu orang lain mengembangkan kebijaksanaan, membantu orang lain mencapai pencerahan, menuntun orang lain supaya kembali ke jalan yang benar, menuntun orang lain mencapai KeBuddhaan, menjauhkan orang lain dari jatuh ke tiga alam rendah, pahala ini adalah tak terhingga dan tanpa batas!

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 05
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0005


淨空老法師開示節錄 :
財布施比不上法布施

貧窮人固然可憐,富貴的人比貧窮人更可憐,為什麼?一轉世果報就不一樣。富貴人造業重,他墮落的也重;貧窮人他這一生造的罪業輕,他墮落的也輕,這是一定的道理。所以學佛人,貧窮,我們一般看到貧窮,只曉得沒有財富,那是可憐的人家;你要曉得富貴人家是道貧窮,他的智慧貧窮,他的道德貧窮,比財富的貧窮還要可憐。所以我們種福,你要懂得這個道理你就曉得,那個財富貧窮的,你去送一點米給他,送幾件衣服給他,來救濟他,你種的福少。這個固然也是福田,這是很小的福田,你花上很多的財富去種,所收穫的不多。你要曉得,那些在道德上的貧窮、智慧上的貧窮,你要去救濟他們你福報就大了。佛在一切經上常常校量福田,法布施超過財布施,《金剛經》上講,大千世界七寶布施,不如給人家說四句偈的功德;說四句偈是法布施,大千世界七寶是財布施,財布施比不上法布施。法布施是教人開智慧,教人覺悟,教人回頭是岸,教人改過自新,教人成佛作祖,教人不墮三惡道,這個福報無量無邊!

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第五集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0005