Monday 25 February 2019

50.Empat jenis bentuk persembahan


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Empat jenis bentuk persembahan 

Empat jenis bentuk persembahan merupakan persembahan kepada guru. Praktisi sekalian hendaknya tahu bahwa seorang penceramah Dharma, dia tidak butuh benda lainnya.

Dia masih memiliki tubuh jasmani, dia masih butuh makan, makanya kita mempersembahkan makanan dan minuman kepadanya; dia butuh pakaian, makanya kita persembahkan jubah kepadanya; dia butuh tidur, makanya kita persembahkan alas tidur padanya; dia masih bisa jatuh sakit, makanya kita persembahkan obat-obatan kepadanya. Selain empat jenis bentuk persembahan tersebut, dia tidak butuh barang lainnya lagi.

Maka itu Buddha Sakyamuni berpesan di dalam sutra bahwa terhadap siswa Buddha, terutama anggota Sangha, kita mempersembahkan empat jenis bentuk persembahan ini, dengan terpenuhinya kebutuhan hidup, barulah hatinya tenang, dia takkan memiliki kekhawatiran lagi, baik terhadap makanan, pakaian, dan kebutuhan hidup yang layak. Setelah hatinya tenang, barulah dia dapat memusatkan perhatian pada karir menyebarluaskan Dharma, melewati kehidupan yang suci.

Maka itu terhadap siswa Buddha, anda tidak boleh membuatnya kaya raya, kalau anda mengubahnya jadi hartawan, maka dosa anda juga ikut besar, mengapa demikian? Oleh karena niatnya yang semula adalah melatih diri, tetapi anda malah sengaja menariknya kembali ke duniawi, menikmati kenyamanan hidup, masalah pun jadi besar.

Umpamanya si A sudah meninggalkan keduniawian, membangkitkan niat mulia menjadi seorang anggota Sangha. Namun anda ini terlampau berbaik hati, membangun vihara bak istana megah buat dirinya, jadi anda ini memindahkan si A dari rumah mungilnya ke dalam istana megah, sehingga sekarang si A bukannya meninggalkan keduniawian, tetapi dia cuma keluar dari rumah mungilnya lalu pindah ke dalam istana megah.

Padahal rumah mungilnya sudah menimbulkan banyak beban pikiran bagi dirinya, makanya dia berniat meninggalkan keduniawian, sekarang si A ketemu dengan pedukung yang terlampau berhati mulia seperti anda ini, yang secara tidak langsung telah mencelakai dirinya. Makanya ini adalah pandangan salah, sebuah kekeliruan yang besar.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 05
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0005


淨空老法師開示節錄 :
四事供養

四事就是對於老師的供養,諸位要曉得,一個弘道、傳教的老師,他不需要其他的東西。他有身體在,有身體在當然他要吃飯,所以我們要供養他飲食;他需要穿衣服,所以我們要供養他衣服;他要睡眠,睡眠要臥具,就是我們講的鋪蓋,要供養他這個;有的時候他生病,生病我們要供養他醫藥,除這個之外,他沒有其他需要。所以佛在經典上給我們規定,對於佛弟子,特別是出家的佛弟子,供養限於這個四事供養。這個四事不缺乏,他心安定了,為什麼?他生活沒有憂慮,吃的、穿的,生活必須的條件他都夠了,他這個心才能夠專心來弘道,過一種清高的生活。

所以對於佛弟子,你不可以叫他富有,他要一富有你罪就大了,為什麼?他本來是個心在道上的人,你現在把他從道拉回頭,拉到世俗裡頭來,那麻煩就大了。在這裡我們舉個例子來說,譬如說他已經出家了,發心出家了不起,出家就出世了。出家,你給他蓋了個廟,比他原來的家還大,這個意思就是說他從前那個家太小了,他不是出家,出了個小家,入了個大的家,小家已經就夠他累贅的,大家更害死他。所以這就是錯誤了,很大的錯誤。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第五集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0005