Thursday 21 February 2019

27.Sepuluh Kejahatan Bgn 3


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sepuluh Kejahatan (Bgn 3)

Tiga butir terakhir dari Sepuluh Kejahatan adalah karma buruk yang dilakukan melalui pikiran, yakni keserakahan, kebencian dan kedunguan.

Keserakahan adalah serakah akan nafsu keinginan, ketika apa yang diinginkan tidak terwujud maka muncullah amarah atau kebencian, keserakahan dan kebencian bermula dari kedunguan; apabila anda ini tidak dungu dan memahami kebenaran, mana mungkin akan rakus dan murka?

Sepuluh Kejahatan merupakan pencuri dan musuh jiwa sejati kita. Musuh berbuyutanmu masih terhitung tak seberapa, tetapi Sepuluh Kejahatan barulah merupakan musuhmu yang sesungguhnya.

Cobalah renungkan, apakah anda menganggap Sepuluh Kejahatan sebagai sobatmu atau musuhmu? Kalau anda memperlakukannya sebagai sobatmu, maka anda sudah terperangkap, berputar-putar di lingkaran tumimbal lahir, sehingga tidak berdaya membebaskan diri dari menciptakan karma dan menerima balasannya. Mengapa demikian?

Anda dikendalikan oleh Sepuluh Kejahatan, dengan perkataan lain, anda bukan lagi merupakan majikan atas diri sendiri, tetapi sudah dikuasai oleh Sepuluh Kejahatan, anda selalu siap melaksanakan perintahnya, inilah yang sering disebutkan oleh Buddha Sakyamuni sebagai “Orang yang patut dikasihani”, sungguh memprihatinkan!

Sejak kalpa tanpa awal hingga sekarang, pandangan kita ditutup oleh Sepuluh Kejahatan, kita memperlakukannya sebagai sobat kita, tanpa sadar jiwa dan raga kita telah diatur olehnya, bukankah kondisi begini sungguh menyedihkan.

Kalau bukan Sang Buddha dengan Maha Maitri Maha Karuna-Nya menyadarkan diri kita, mau tunggu sampai kapan barulah kita bisa tercerahkan? Kapankah kita baru menyadari ternyata sobat kita itu sesungguhnya adalah musuh kita? Selama ini kita masuk ke dalam perangkapnya, dirugikan olehnya.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 04
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0004


淨空老法師開示節錄 :
十惡
(三)

  這個四種屬於口業,後面三種屬於意業,意業是起心動念,貪心、瞋恚心、愚痴心。貪是貪求,瞋恚總是貪不到才發脾氣、才發怒,貪與瞋都是起於愚痴,如果你要是把事理、真相真正明白,你怎麼會起貪瞋?愚痴就是一切真理不能夠通達明瞭。「此十」,這個十條「乃是性德之賊」,是妨害我們真如本性萬德萬能的,所以我們稱它作賊。這是我們本性之怨家,這是真正的怨家,世間有什麼人跟你過不去,有過節,那都是小小誤會,算不了什麼,那不是真正的怨仇。你要知道,這十種是你真正的怨家。你想想看,你現在對這十種,你把它看做好朋友還是把它看成怨家?如果你把它看成好朋友,那你就上當了,你免不了生死輪迴,你沒有辦法擺脫造業受報。為什麼?你被這十個怨家所控制,換句話說,你已經沒有自己,你想想對不對?被這十個怨家挾持住了,處處聽命於它,你身體受它擺布,這就是佛在經上常講的「可憐憫者」,真可憐!無始劫以來我們都被『十惡怨家』蒙蔽了,把它當作自己最好的朋友,我們自己的身心受他的擺布自己不能覺知,你想這多麼可憐。若不是世尊大慈大悲一語道破,點醒我們,我們什麼時候才能覺悟?什麼時候才能夠發現它是我們的怨家?我們上了它的當,吃了它的虧。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第四集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0004