Thursday 21 February 2019

26.Sepuluh Kejahatan Bgn 2


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sepuluh Kejahatan (Bgn 2)

Butir ke-4 dari Sepuluh Kejahatan adalah berbohong, mengelabui para makhluk. Anda menipu para makhluk pasti ada tujuannya, yakni demi kepentingan dan keuntungan bagi dirimu sendiri, ini adalah karma buruk yang dilakukan melalui mulut atau ucapan.

Yang ke-5 adalah berlidah dua, yakni menghasut, sehingga dua pihak tidak harmonis, berseteru, anda jadi penonton dan meraih keuntungan, ini adalah dosa yang berat.

Butir ke-6 adalah berkata kasar, melontarkan kata-kata yang tidak enak didengar.

Butir ke-7 adalah merayu atau memikat, tujuannya supaya orang lain terpedaya, ini juga adalah bentuk penipuan, demi menguntungkan diri sendiri.

Cakupan dari butir ke-7 ini sangat luas, termasuk kata-kata kotor, kata-kata yang tidak senonoh, juga termasuk lagu, tarian, film dan tayangan yang mengandung unsur asusila.

Apalagi yang dapat menggetarkan hati manusia, sehingga muncul pikiran yang tidak pantas, yang mengajari orang untuk melakukan pembunuhan, pencurian, berzinah dan berbohong, membangkitkan niat pikiran buruk, termasuk cerita pendek, novel, teks lagu, seni menari, tayangan, semua ini termasuk dalam butir ke-7.

Tempo dulu ada seorang mahasiswa yang kuliah di jurusan penyiaran televisi dan radio, setelah belajar Ajaran Buddha, dia datang bertanya padaku, katanya dia baru menyadari bahwa karir yang sedang ditekuninya membawa dosa yang begitu beratnya, apa yang akan terjadi pada dirinya kelak?

Saya bilang padanya, bidang penyiaran tidaklah berdosa, ibarat air, air tidaklah berdosa, air dapat menyeberangkan perahu, namun air juga dapat menenggelamkan perahu; demikian pula dengan bidang penyiaran, dapat mencelakai manusia juga dapat memberi manfaat bagi manusia. Asalkan menyiarkan informasi yang bermanfaat, maka ini sudah sangat membantu.

Mengapa tidak menggunakan kemajuan tehnologi guna menyebarluaskan Dharma dan memberi manfaat bagi para makhluk, menasehati manusia supaya melakukan kebajikan?

Apabila lagu yang anda cipta, gaya menari yang anda kreasi, film dan tayangan hasil karya anda, dapat membawa manusia ke jalan kebenaran, maka jasa kebajikanmu adalah tak terhingga.

Ini merupakan hal yang bagus sekali, orang lain yang ingin menimbun pahala saja, tidak tahu harus ke mana guna mewujudkannya, sekarang anda memiliki kesempatan untuk menimbun pahala besar ini.

Maka itu tidak perlu merasa takut, asalkan hati dan pikiran kita benar, tindakan kita benar, kita menggunakan tehnologi guna menyebarluaskan Buddha Dharma memberi manfaat bagi semua makhluk, menasehati manusia supaya menjauhi kejahatan memupuk kebajikan, menghapus pemikiran sesat, membangkitkan pandangan benar.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 04
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0004


淨空老法師開示節錄 :
十惡
(二)

第四種惡就是「妄語」,妄是不實在,欺騙眾生。你欺騙眾生當然是有目的,是為達到你自私自利的一個目標,你才以妄語欺騙眾生,這是口業。第五是「兩舌」,兩舌是挑撥是非,使兩者不能和睦,兩者從此鬥爭,你在旁邊取利,這個也是重罪。第六種是「惡口」,惡口是言語粗魯、難聽,我們叫惡口,這也是語業的一種。第七叫「綺語」,綺語我們一般講花言巧語,其目的也是叫別人上當,也是欺騙別人,為著自己的利益。綺語的範圍也是非常廣大,包括一切譬如說淫亂的這些歌舞、戲劇,拿現在來講電影、電視可以說都包括在這些地方。很能夠動人心,可是它的結果是叫人邪思,叫人心裡面起殺盜淫妄這些念頭,誘導你起殺盜淫妄的念頭,凡是這一類的小說、歌曲、舞蹈、戲劇,統統與這個都有關係。過去有學生念電視廣播系,學了佛之後問我,他說我們從事這個行業,造罪業很重,以後我們怎麼辦?我就告訴他,電視廣播沒有罪,它有什麼罪業?它像水一樣,水沒有罪,水可以載舟,水也可以覆舟;電視廣播這個事情,可以害人,也可以利益眾生,你從事這個行業,你只要不害人就是了。為什麼不利用這麼好的工具去弘法利生,去勸人為善?如果你所編的歌曲、舞蹈、戲劇都是勸人為善的,那你就有無量功德。這是太好的一樁事情,別人要想修這個福報還沒有地方修,你有這個機會修大福報。所以不必畏懼,我們的心正、行正,我們利用科學最好的工具來規過勸善,來弘法利生,來教導別人斷邪思、起正見。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第四集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0004