Sunday 24 February 2019

42.Apa faedahnya terlahir sebagai manusia


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Apa faedahnya terlahir sebagai manusia?

Apa faedahnya terlahir sebagai manusia? Manusia memiliki kesempatan untuk mengakhiri tumimbal lahir, diantara enam alam tumimbal lahir, Alam Manusia merupakan tempat yang paling ideal untuk memiliki kesempatan belajar Ajaran Buddha, apa alasannya?

Pepatah berkata, “Orang kaya maupun orang miskin merupakan kondisi sulit untuk belajar Buddha Dharma”. Ambil saja contoh di dunia kita ini, cobalah ajak orang kaya datang belajar Ajaran Buddha, dia pasti menolaknya, apalagi disuruh melatih diri, dia lebih tidak bisa menahan ujian.

Dia mempunyai waktu luang buat bersenang-senang, anda suruh dia duduk di sini mendengar ceramah dua jam lamanya, baginya ini merupakan kesengsaraan. Maka itu orang kaya lebih sulit untuk melatih diri, tidak memahami jasa kebajikan dan manfaat yang ada di dalamnya, dia lebih memilih pergi bersenang-senang.

Sedangkan orang miskin, makan tiga kali sehari saja sudah tak kenyang, tiap hari sibuk bekerja cari nafkah, mana punya waktu untuk melatih diri.

Inilah kenyataan yang ada di dunia manusia, sama halnya pula dengan enam alam tumimbal lahir! Para Dewa juga lebih memilih untuk bersenang-senang, tidak menyadari pentingnya melatih diri, sebaliknya di tiga alam rendah, harus menjalani siksaan, terlampau menderita. Maka itu Alam Manusia merupakan tempat ideal untuk berkesempatan melatih diri.

Maka itu, para Buddha menampilkan pencapaian KeBuddhaan di dunia manusia, ini membuktikan bahwa Alam Manusia merupakan tempat ideal untuk melatih diri, mudah tercerahkan, ibarat keluarga yang sedang-sedang, tidak kaya juga tidak miskin, tidak terlampau berkecukupan juga tidak kekurangan, maka itu dia baru memiliki ketenangan hati untuk belajar Ajaran Buddha, dia bisa meraih kemajuan batin.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 05
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0005


淨空老法師開示節錄 :
得人身有什麼好處?

得人身有什麼好處?得人身容易解脫,換句話說,六道裡面學佛,以人道最適合,為什麼?常言說得好,「富貴學道難,貧窮學道難」。我們拿世間來說,世間富貴人家你叫他來學佛,你叫他來聽經,他受不了。他有時間吃喝玩樂去了,你叫他規規矩矩坐在這裡坐兩點鐘聽經,對他來講是太苦了。所以富貴人家把學道這個事情疏忽掉,不曉得這裡面的功德利益,他享樂去了;而貧賤人家想學道,他三餐飯都吃不飽,他要忙著去工作,賺點錢圖個溫飽,沒有時間來學道。人間如此,六道又何嘗例外!天人好比是富貴人家,他把修道這個事情疏忽了,三惡道太苦,就好像貧賤之家,想學道沒有機緣,唯有人身最適合。因此,諸佛示現成佛都在人間,這是個很顯明的證據。諸位去看《大藏經》,十方三世沒有例外的,成佛一定是在人道,沒有說在天道成佛的。那就是說明人間最適合修行,最容易覺悟,好比小康之家,他也不太富貴,但是也能夠有一個溫飽,所以他可以安心來學道,他能夠有成就。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第五集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0005