Wednesday 6 March 2019

88.Lepaskan segala urusan duniawi, fokuskan pikiran pada pelatihan diri


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Lepaskan segala urusan duniawi, fokuskan pikiran pada pelatihan diri

Di dalam ceramahku, saya selalu menasehati dan memotivasi praktisi sekalian, semua tindakan dan daya upaya kita, apa tujuannya? Guna menyempurnakan jasa kebajikan, setiap saat bersukacita dalam Dharma, betapa bebas dan leluasanya.

Bila anda ingin memperoleh kebahagiaan Dharma, anda ingin mencapai pembebasan agung, maka jangan memaksakan kehendak, meneladani para Buddha dan Bodhisattva yang senantiasa menuruti jodoh apa adanya, menuruti kehendak para makhluk, bersukacita atas jasa kebajikan yang dilakukan orang lain.

Segala hal tidak boleh dipaksakan, termasuk menyebarluaskan Buddha Dharma juga tidak boleh dipaksakan, ketika jodoh telah masak, dengan sendirinya akan ada Buddha dan Bodhisattva datang mendukung.

Seperti yang disampaikan Master Zhangjia padaku tempo dulu, seorang penceramah sejati yang membangkitkan KeBodhian dengan kesungguhan hati dan mengamalkan Jalan Bodhisattva, akan dilindungi para Buddha dan Bodhisattva, saat waktunya tiba, para Buddha dan Bodhisattva akan mengatur sebuah jalan keluar bagi dirimu, sementara itu diri sendiri tidak perlu merisaukannya sama sekali.

Sepanjang hidupku belajar Ajaran Buddha dan mengalami kemajuan, adalah berkat bimbingan dan nasehat dari Master Zhangjia.

 “Pikiran tenang karena tidak melakukan perbuatan yang bertentangan dengan hati nurani”, kalimat ini sangat penting adanya, tidak boleh “Menyibukkan diri demi mengejar keuntungan duniawi”, hendaknya tidak mencari keuntungan, sehingga hati yang loba itu dapat disingkirkan, lepaskan segala urusan duniawi, fokuskan pikiran pada pelatihan diri.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 08
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0008


淨空老法師開示節錄 :
世俗的事情統統放下,一心在道
   
  我在講席當中常常勸勉同修,我們所作所為求個什麼?念念功德圓滿,時時刻刻是法喜充滿,這個多自在。你要想法喜充滿,你要想得大自在,決定不可以攀緣,學諸佛菩薩的隨緣,恆順眾生,隨喜功德,隨緣。任何事情不勉強,弘法利生也不勉強,因緣成熟了,自然有佛菩薩來護持。就像章嘉大師當年跟我講的,真正發菩提心修菩提道弘法利生的人,諸佛菩薩護念,到什麼時候諸佛菩薩會給你安排一條路子讓你去走,自己一點都不要操心。我一生學佛得力於章嘉大師這個教訓。「心安理得」這句很重要,不可以「多求利業」,不但多求利業,少求利業都不可以要,根本就不求利業,把貪心斷掉,世俗的事情統統放下,一心在道。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第八集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0008