Thursday 7 March 2019

91.Jasa kebajikan sempurna


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Jasa kebajikan sempurna

Di dalam Buddha Dharma, melatih diri itu mesti disesuaikan dengan kemampuan yang ada, melakukan kebajikan itu mesti disertai dengan hati yang tenang sehingga menghasilkan kebahagiaan jiwa dan raga.

Tidak boleh bersaing demi harga diri, melihat orang lain berdana dalam jumlah besar, kalau saya cuma sumbang sedikit saja kan rasanya malu, pikiran begini sudah keliru, oleh karena pahala tiap insan adalah tidak sama.

Dia itu orang kaya, makanya sanggup berdana dalam jumlah besar, sementara saya cuma punya uang dalam jumlah kecil, maka saya berdana sesuai dengan kemampuanku.

Lagi pula jasa kebajikan itu bukan diukur dari besar kecilnya jumlah uang yang didanakan, namun melihat persentase dari keseluruhan jumlah kekayaanmu.

 Umpamanya hartawan itu memiliki harta kekayaan sejumlah 10 juta dolar, dia mendanakan uang sejumlah 10 ribu dolar, bila dihitung secara persentase, cuma 1/1000 bagian dari total hartanya. Inilah besarnya niat kebajikan yang dia bangkitkan.

Sedangkan anda, mungkin cuma punya total kekayaan 100 dolar, lalu anda mendanakan uang 100 dolar tersebut yang merupakan satu-satunya harta yang anda miliki. Maka besarnya niat kebajikan yang anda bangkitkan adalah 100 persen.

Lihatlah, hartawan itu cuma punya niat 1/1000 atau 0,001 persen, sedangkan niat anda adalah sebesar 100 persen, menurutmu jasa kebajikan siapa yang paling besar? Tentu saja dirimu.

Saya pernah bekerja sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil) kecil, gaji sebulan cuma beberapa ribu dolar saja, saya mendanakan seribu dolar, hitung-hitung setengah dari total gajiku, 1/3 atau ¼ dari total gajiku, jadi jasa kebajikanku ini adalah senilai 0,25 persen.  Bila dibandingkan dengan jasa kebajikan hartawan tadi yang bernilai 0,001 persen, maka nilaiku pasti lebih besar berkali-kali lipat.

Dari sini dapat diketahui bahwa dalam hal melakukan kebajikan, setiap makhluk memiliki kesempatan yang sama dan setara, bukan hanya orang kaya yang memiliki uang banyak, barulah berkesempatan menimbun pahala besar, sementara orang yang kurang mampu hanya sebatas menimbun berkah kecil, ini sudah keliru.

Persoalannya hanya terletak pada mengerahkan segenap kemampuan saja (sesuai dengan kemampuan yang ada, jangan memaksakan kehendak), dengan demikian jasa kebajikan ini telah sempurna.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 09
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0009


淨空老法師開示節錄 :
圓滿功德

佛法的修學要隨緣、隨分、隨力去做,做得心安理得,身心愉快。不可以爭面子,看到別人拿了很多錢做好事,我如果要拿少了不好意思,那錯誤的,因為各人福報不相同。他有錢他多拿一點,我沒有錢少拿一點,也許少拿的這個人功德比多拿的人還要大,為什麼?譬如說他有一千萬的財產,他今天捐一萬塊錢,是他的千分之一,他發了多大的心?他只發了千分之一的心。你沒有錢,身上只有一萬塊錢,或者說你身上只有一百塊錢,沒有錢,你把這一百塊錢全部都奉獻,你的功德是圓滿的,是百分之百。那個富人的功德乃是做了千分之一,你做了百分之百,你想想看你們的功德哪個大?當然百分之百的大。我們做一個小公務員,一個月只拿幾千塊錢薪水,我捐出一千塊錢,佔我這個月薪水的一半,或者佔了三分之一、四分之一,你們想想就算四分之一的功德,比他千分之一的也大得太多了。由此可知,培福這樁事情對一切眾生來講決定公平,不會說是修福只有有錢的人才能培大福報,沒有錢的人培小福報,那錯了。這個事情是盡心盡力的問題,你的心圓滿,你的力量也做得很圓滿,這就是圓滿功德。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第九集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0009