Tuesday 12 March 2019

127.Menyembelih hewan


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Menyembelih hewan, tidak hanya menambah dosa diri sendiri, namun penerima sesajen juga ikut berdosa.

Pembahasan selanjutnya mengenai pemujaan, umumnya tradisi dan kebiasaan kita, di dalamnya terdapat banyak kekeliruan, sehingga menciptakan karma buruk yang sangat berat.

Contohnya masyarakat setempat kalau sembahyang harus menyembelih hewan ternak, memberi sesajen sembahyang juga harus pakai daging hewani, cobalah pikirkan, melakukan pembunuhan untuk melakukan pemujaan, mengalirkan darah makhluk hidup, mencelakai nyawanya, dengan menanam benih karma buruk sedemikian rupa, mungkinkah bisa memperoleh buah akibat yang baik? Mana mungkin?

Bukan saja dirimu telah menciptakan karma buruk, bahkan malaikat yang menerima sesajen darimu juga ikut menciptakan karma buruk. Pada pokok pembahasan sebelumnya, kami telah menceritakan kisah sahabat An Shi-gao yang jatuh ke Alam Binatang menjadi Raja Naga yang berkuasa di Danau Gongting (sekarang adalah Danau Poyang).

Raja Naga ini menerima sesajen daging hewani, ketika ajalnya tiba, dia jatuh ke Neraka. Mengapa dia bisa jatuh ke Neraka? Oleh karena sesajen daging hewani hasil pembunuhan inilah yang menambah dosanya, hal ini mesti kita pahami.

Maka itu sembahyang, memberi sesajen, cukup dengan bunga segar, air dan buah-buahan, begini sudah sangat bagus, jangan sampai menyembelih hewan, oleh karena karma pembunuhan ini tidak hanya menambah beban dosa diri sendiri, namun penerima sesajen juga ikut berdosa.

Sekarang pemerintah Taiwan berupaya mengubah tradisi turun temurun ini, ini merupakan hal yang bagus, terjalin dengan Ajaran Buddha.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 12
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0012


淨空老法師開示節錄 :
殺生自己有罪,接受的人他也有罪。

底下一句講到祭祀,這是講到我們一般的風俗習慣,這個裡面問題也很多,造作的罪業也很深重,在這個地方我們也請大家好好的來看看。『祭祀傷不仁』,像我們本省拜拜要殺生,供養、呈獻也殺生,諸位想想,殺生拜拜祭祀,流他之血,害他之命,這個已經是惡因,造這樣殺生的惡因,焉有善果?哪裡還會有什麼好的果報?不但是你自己在造罪,接受供養的那些神也增罪業。我們在此地跟諸位講這個道理,諸位好好的想一想,我們在本經第一講給大家介紹安世高那個同學,他在宮亭湖做水神,所謂是龍王,接受人的血食,壽命終了自己曉得要墮地獄。他為什麼墮地獄?就是那些殺生祭祀供養他的增長他的罪業,這是我們應當要明瞭的。所以拜拜、供養、祭祀能夠用香花水果就很好,萬萬不可以殺生,殺生自己有罪,接受的人他也有罪。現在我們政府提倡改良風俗習慣,這是一樁好事,與佛法的教學是相應的。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第十二集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0012