Tuesday 19 February 2019

15.Pemujaan


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Pemujaan

Sebagian masyarakat Tionghoa yang masih memeluk kepercayaan takhayul, percaya bahwa dengan menyembahyangi dan memberi sesajian pada malaikat dan setan, dapat mengabulkan permohonannya. Setelah permohonannya terkabul lalu dia akan memberi sesajian lagi sebagai ungkapan terima kasih.

Namun perlu diperhatikan bahwa jangan sampai memuja “setan sesat”, contohnya semacam Malaikat Rubah, malaikat setan, Wang Ye Gong dan sebagainya.

“Setan sesat” pada dasarnya tidak ada sangkut pautnya dengan kita, tetapi anda sengaja pergi mencarinya, maka dia pun otomatis datang mencarimu. Hal ini serupa dengan preman di dunia manusia ini, jadi setan jahat tidak sama dengan malaikat baik.

Coba renungkan, kalau dalam keseharian, anda tidak pergi berkenalan dan mencari si preman, dia juga takkan datang mencarimu, dia juga takkan datang menjalin pertemanan denganmu; terkecuali kalau anda sengaja meminta bantuannya, maka dia akan memberimu bantuan, tetapi usai itu dia akan sering-sering datang mencarimu dan membuat masalah denganmu kalau permintaannya tidak dikabulkan.

Sesungguhnya yang dimaksud pemujaan itu adalah pemujaan pada Leluhur, jadi bukan pada malaikat dan setan, salah tafsir ini bedanya sudah sangat jauh.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 03
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0003


淨空老法師開示節錄 :
祠祀

『祠祀』,這也是屬於鬼神,我們俗話講還願,大概本省也有這個習氣。如果在鬼神那個地方去許了願,許願之後你這個事情成就了,成就之後報答、還願,這個叫祠;祭之令安,我們去祭祀他,他也安了,我們自己心也得平安,這個叫祀。這叫「祠祀」,俗話就叫還願的這種祭祀。他解奏、祠祀、邪神,『邪神』是什麼?不應當祭的鬼神,你去祭祀他,譬如我們世間所謂的狐仙、鬼神、王爺公之類的。這些的確與我們自己不相干,你不去找他,他也不會找你,你去找他,他就找你。這些實在說就跟我們世間的流氓一類一樣,都不是善神。你想想看,這些流氓你平常不去交結他,他也不會來找你,他不會來找你做朋友;你平常去找他,跟他打交道,好了,他固然能夠幫你一點忙,可是也常常會找你的麻煩。我們中國人祭鬼神,這個鬼神都是指祖先,那與我們關係太大了。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第三集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0003