Thursday 21 February 2019

22.Penyebab jatuh ke tiga alam rendah


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Penyebab jatuh ke tiga alam rendah  

Di dalam pintu Buddha disebutkan bahwa kembali ke jalan yang benar barulah dapat mencapai pantai seberang. Kembali ke jalan yang benar dapat diartikan sebagai bertobat, memperbaiki diri, menyadari bahwa perbuatan yang dilakukan di masa lalu sudah salah, jangan takut mengakui kesalahan, yang penting mesti tahu memperbaiki diri dan takkan mengulanginya lagi, inilah yang disebut sebagai kembali ke jalan yang benar.

Bersedia memperbaiki diri merupakan sikap seorang ksatria, seorang yang bijaksana, seorang insan mulia. Sedangkan orang yang tidak tahu kembali ke jalan yang benar merupakan orang yang terlampau sesat. Maka itu dibelenggu oleh lobha (ketamakan), dosa (kebencian) dan moha (kebodohan).

Orang yang serakah akan jatuh ke Alam Setan Kelaparan. Di Alam Setan Kelaparan tidak ada yang tidak rakus, kalau tidak tamak, dia takkan jatuh ke Alam Setan Kelaparan.

Apa penyebab seseorang jatuh ke Neraka? Kebencian. Maka itu Neraka digambarkan sebagai tempat yang dipenuhi kobaran api, bagaikan lautan api, api tersebut melambangkan api kebencian.

Lihatlah ketika manusia dipenuhi amarah, mukanya berwarna merah, api pun naik ke atas, sekujur tubuhnya jadi panas.

Penyebab jatuh ke Alam Binatang adalah kebodohan, yakni tidak tahu membedakan betul dan salah, sesat dan benar, mana yang aman dan mana yang berbahaya, orang begini adalah orang yang dungu, sehingga mudah jatuh ke Alam Binatang.

Maka itu pandangan dan pemahaman dari lobha, dosa, moha adalah pandangan dan pemahaman tiga alam penderitaan, dia dibelenggu oleh pandangan dan pemahaman tiga alam penderitaan.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 04
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0004


淨空老法師開示節錄 :
什麼緣故墮三惡道

【而無返覆。遂為三塗所見綴縛。】
  『返覆』就是回頭,佛門裡面常講回頭是岸。回頭也就是懺悔、悔過,曉得以往所作所為錯了,錯了不怕,一發現錯了,立刻就能夠改過自新,這就叫能回頭;改過自新這是大勇,大智慧,所謂大仁、大智、大勇,這是大勇。他不曉得「返覆」就是不知道回頭,可見得這個迷迷得太深,不曉得回頭,於是乎就被『三塗所見綴縛』。「三塗所見」,這個地方講不達自縛,三塗所見就是貪瞋痴,貪心重的與餓鬼道就起感應;換句話說,如果我們要問什麼緣故墮三惡道,簡單的講,貪心重的人墮三惡道。鬼道沒有不貪的,他要不貪他就不會到鬼道去。什麼原因墮地獄道?地獄道是瞋恚。所以,我們無論是看中國或者外國其他宗教,他們也講地獄,我們看到地獄變相圖,地獄裡頭總畫了有很多火,到處都是一片火海,火是什麼?瞋恚之火。你看人一發脾氣、一生氣,臉就紅了,火就往上升,全身都發熱,地獄也自然是這樣的一個相感。地獄裡面,縱然是寒冰地獄,我們要去看,那都是一片火海的樣子。畜生道的業因是愚痴,就是對於是非、邪正、利害都分不清楚,都無法辨別,這種人是愚痴,很容易墮在畜生道。所以,貪瞋痴的見解就是三途的見解,他被三途見解所累贅、所纏縛了。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第四集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0004