Monday 11 March 2019

120.Hidup sendirian lebih gampang melatih diri


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Hidup sendirian lebih gampang melatih diri

Tempo dulu saya berceramah juga meneladani Guru Li untuk tidak menerima dana persembahan dari umat. Kehidupanku sangat bersahaja, ketika berada di Taichung mengikuti Guru Li belajar selama 10 tahun, ada 15 orang praktisi di Taipei yang mendukung dan membantuku.

Setiap bulan masing-masing dari mereka mendanakan 10 dolar Taiwan untuk membantuku. Jadi 15 orang totalnya 15x10=150 dolar. Tiap bulan saya mendapat kiriman 150 dolar dari mereka, biaya hidupku sudah mencukupi.

Selain ini saya tidak bersedia menerima persembahan dana dari umat, cukup menjalani kehidupan yang bersahaja. Guru Li sendiri bekerja di perusahaan umum, tiap bulannya mendapat gaji, melewati kehidupan yang bersahaja, sisa gajinya digunakan untuk menyebarluaskan Buddha Dharma.

Lihatlah tiga jenis dana telah dilakukannya dengan sempurna, yakni Amisa Dana (dana materi), Dharma Dana dan Abhaya Dana (menghilangkan kerisauan di hati para makhluk). Hidup sendirian dan melatih diri, lebih gampang untuk menyebarluaskan Buddha Dharma.

Pada Tahun 1971, saya membentuk Organisasi Dharma Dana di Taipei, meskipun memiliki kepengurusan, tetapi tidak ada kantornya, maka itu tidak ada beban biaya. Tahun 1975, saya menyelenggarakan kelas untuk membina calon penceramah, kami menyewa rumah, selain itu juga harus menyediakan makanan bagi murid-murid, bahan materi dan sebagainya, saat itu saya mulai menerima persembahan dana dari umat.

Selanjutnya kami juga mendirikan perpustakaan, dimana di dalamnya ada praktisi yang menetap, sehingga harus menerima dana persembahan dari umat, tetapi seluruh dana tersebut murni digunakan untuk menyebarluaskan Buddha Dharma, bukan digunakan untuk diriku sendiri. Kalau dipakai untuk smenikmati kesenangan sendiri, maka ini sudah bertentangan dengan ajaran Sang Buddha.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 12
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0012


淨空老法師開示節錄 :
一個人修行、弘法都簡單

我在早期講經也跟李老師一樣,不接受任何供養。我的生活很簡單,我在台中求學的十年,台北有幾位同修幫助我,他們有十五個人來支持我,一個人一個月供養我十塊錢,這個錢數字很少。十五個人一個月有一百五十塊錢,我的生活費用就夠了,這是什麼?不求人,以極其簡單的生活。李老師他在公家服務,他有薪水,除了過最清苦、簡單的生活之外,把他多餘的全捐獻出來做弘法利生的事業,完全是施捨,財布施、法布施、無畏布施全都做到了。一個人修行、弘法都簡單。民國六十年我在台北有個法施會的組織,雖有這個組織,還好還是非常自在,因為我們並沒有處所。六十四年我們辦了一個小班培養學生,我們要租房子,我們要供給學生的吃住、供給學生的講義,這時候才收一些供養。隨著以後有圖書館、有住眾,這時候不能不接受供養了,可是所接受的供養完全用在弘法利生的事業上,而不是自己在享受。如果是自己享受那就錯了,那就違背了佛陀的教誡。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第十二集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0012