Monday 18 February 2019

05.Melatih diri yang sesungguhnya


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul :  Melatih diri yang sesungguhnya

Praktisi sekalian janganlah salah tafsir, mengira melatih diri adalah berada di dalam vihara, setiap hari menghadap rupang Buddha, membaca sutra sambil memukul alat kebaktian, melakukan namaskara di sana, menganggap ini adalah melatih diri, ini sudah keliru, anda sudah terpaku di dalam aksara sutra, anda sudah terpaku di dalam penampilan luar atau ritual, ini sudah keliru.

Anda mesti memahami makna yang sesungguhnya dari pelaksanaan kebaktian pagi dan kebaktian sore, dalam membaca sutra janganlah melihat makna yang tersurat tapi lihatlah makna yang tersirat. Kalau melihat aksara sutra lantas langsung menafsirkan maknanya, mana boleh begini?

Melakukan namaskara pada kebaktian pagi dan kebaktian sore, sejak pagi melakukan namaskara hingga malam hari, dalam sehari saya dapat melakukan namaskara sebanyak tiga ribu kali, empat ribu kali, apalah gunanya!

Setiap pagi melakukan namaskara di hadapan rupang Buddha dan Bodhisattva adalah merupakan ritual, untuk mengingatkan diri kita, sepanjang hari ini, ketika saya berinteraksi dengan lingkungan luar, saya tidak boleh terbuai, saya takkan berpikiran sesat, saya mesti mewujudkan kesucian baik secara lahiriah maupun batiniah.

Demikian pula ketika melakukan kebaktian sore, hendaknya melakukan introspeksi diri, apakah sepanjang hari ini, saya telah mengamalkannya, kalau berhasil melakukannya, maka akan muncul sukacita dalam Dharma; sebaliknya bila masih belum berhasil mengamalkannya, hendaknya bertobat, esok harinya mesti memperbaiki diri, begitu barulah namanya melatih diri.

Praktisi sekalian cobalah pikirkan, apabila kita menuruti cara ini untuk melatih diri, dalam tempo waktu tiga tahun, bagaimana tidak mencapai KeBuddhaan? Dapat dilihat hal ini bukanlah gampang!

Anda membaca sutra sepanjang hidup, tetapi anda tidak memahami makna yang sesungguhnya, anda hanya melihat makna yang tersurat dan bukan makna yang tersirat, anda menafsirkan maknanya berdasarkan aksara yang tercantum, anda malah merasa bahwa penafsiran anda sudah benar adanya, namun sesungguhnya anda telah keliru.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 02
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0002


淨空老法師開示節錄 :
真修行

大家千萬不要誤會,認為修行是每天在廟裡頭佛菩薩像前面敲著木魚,口裡頭念著經,在那裡磕頭、禮拜去供養,認為這是修行,這個就錯了,那你完全是死在文字裡面,死在形式裡面,這個就錯了。你要懂得「朝暮禮拜」的真實義,望文生義那怎麼行?朝暮禮拜,我從早拜到晚,我一天拜個三千拜、四千拜,那有什麼用處!三自皈就是朝暮禮拜,就是一切恭敬。早晨在佛菩薩面前舉行這個形式、這個儀式,是提醒自己,今天一天,我接觸外頭境界要不迷,我不可以有邪思邪念,我一定要做到身心清淨。晚上做晚課的時候要反省、檢點,我今天一天是不是都做到了,都做到了很好,法喜充滿;沒有做到,懺悔,明天要改過自新,這叫真修行。諸位想想,我們要依照這個理論、方法來修行,你要是修行個三年,你怎麼會不成佛?可見得這個事情真正是知難行易,知道這個道理、知道這個方法難!你念經念一輩子,你不曉得經裡意思,迷在字裡行間,依文解義,三世佛喊冤枉,你自己還認為很對,哪裡曉得你搞錯了,你對在哪裡?

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第二集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0002