Wednesday 27 February 2019

61.Siapapun tidak bisa mengambil keuntungan dari siapapun


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Siapapun tidak bisa mengambil keuntungan dari siapapun

Akibat melakukan karma pembunuhan adalah jatuh ke Neraka, usai menjalani siksaan dan keluar dari Neraka, dia juga tidak serta merta berkesempatan terlahir jadi manusia, setelah meninggalkan Neraka, kebanyakan terlahir di Alam Binatang untuk melunasi utang nyawa, utang uang dibayar uang, utang nyawa dibayar nyawa.

Praktisi sekalian jika sudah memahami kebenaran ini, maka hidup di dunia ini barulah hati merasa tenang, mengapa demikian? Andaikata dikatakan si A berhasil menipu uang si B, sesungguhnya mana ada uang milik B yang berhasil ditipu si A; si C menderita sejumlah kerugian, sesungguhnya mana ada kerugian yang diderita si C.

Hari ini dia berhasil menipu uangmu, pada masa kehidupan mendatang, dia harus melunasinya padamu. Hari ini dia menyakiti hatimu, pada masa kehidupan mendatang dia akan menerima buah akibat karmanya.

Dengan demikian barulah anda sadari bahwa segala hal di dunia ini, siapapun tidak bisa mengambil keuntungan dari siapapun; siapapun juga tidak ada yang  dirugikan sama sekali, kebenaran ini mesti dipahami, barulah hati kita merasa tenang.

Andaikata kita tidak berutang uang pada orang lain, takkan ada yang bakal mengambil harta benda kita; sebaliknya harta benda kita ditipu orang lain, dicuri orang lain, dirampok orang lain, ini dikarenakan pada masa kehidupan lampau, kita berutang padanya, kalau pada masa kelahiran lampau kita tidak berutang padanya, maka pada kelahiran mendatang dia pasti akan melunasinya pada kita.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 06
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0006


淨空老法師開示節錄 :
誰也佔不了誰的便宜

殺業重的人果報都在地獄,地獄罪受滿之後離開地獄他也得不到人身,離開地獄大多數墮畜生道去還命債,欠錢的還錢,欠命的還命。諸位真正懂得這個道理之後,我們在世間你就心安理得了,為什麼?如果說是某個人佔某個人的便宜,佔不到的,某個人吃了虧,也不會吃虧,他今天把你錢騙去了,來生會還你,他今生對你傷害了,來生一定有果報。你才曉得,世間一切的這些事,誰也佔不了誰的便宜,誰也吃不了誰的虧,這個道理真正是通達明白,我們就心安理得。我們如果不欠別人的財物,我們財物擺在那個地方沒有人拿;我們東西被人騙了、被人偷了、被人搶了,都是前生欠他的,如果前生不欠他的,他來生必定欠我的。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第六集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0006