Petikan Ceramah
Master Chin Kung
Judul : Tak jemu mengamalkan sila
Sila bukan hanya
diperuntukkan bagi praktisi pemula, lantas apakah praktisi senior tidak perlu
menaati sila lagi? Bukan demikian, seorang praktisi mesti mengamalkan sila
hingga mencapai KeBuddhaan, juga tetap “tak jemu mengamalkan sila”.
“Tak jemu mengamalkan
sila”, kalimat ini bukan mudah diwujudkan, teori mesti dikuasai secara benar, kemudian dengan
berpedoman pada teori tersebut melatih diri barulah ada hasil yang diperoleh,
dengan demikian anda barulah takkan merasa jemu, semakin melatih diri semakin
bersemangat.
Sebaliknya apabila
teori tidak dipelajari secara benar, lalu berpedoman pada penafsiran yang salah
pergi melatih diri, sudah jelas hasilnya nihil, akibatnya anda pasti jadi patah
semangat dan mundur hatinya.
Hari ini kita
melihat banyak praktisi pemula yang tampak begitu bersemangat, tetapi tidak
lama kemudian mundur hatinya, mengapa demikian? Alasan pertama adalah tidak
menguasai teori, yang kedua adalah tidak memperoleh hasil apapun dari melatih
diri.
Mari kita renungkan
secara seksama, dari melatih diri itu, apa sebenarnya yang bisa dia peroleh? Yang
dia peroleh adalah Buddha, Dharma, Sangha yang ada dalam jiwa sejatinya.
Apa yang dia latih?
Yang dia latih adalah sila, samadhi (konsentrasi) dan prajna (kebijaksanaan).
Sila adalah
kesucian, samadhi adalah pengetahuan benar dan pandangan benar, prajna adalah
kebijaksanaan, pencerahan. Sila, samadhi dan prajna adalah kesucian, kebenaran
dan pencerahan, yang juga merupakan Buddha (pencerahan), Dharma (kebenaran),
Sangha (kesucian) yang ada dalam jiwa sejati.
Dengan munculnya
Buddha, Dharma, Sangha yang ada dalam jiwa sejatinya, barulah dia takkan merasa
jemu lagi.
Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari
Belajar Buddha Dharma
Serial : 03
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0003
淨空老法師開示節錄 :
齋戒不厭
不但我們剛剛學佛這個五年接受佛門生活教育,就是五年學戒,五年以後我們可以放逸了嗎?不是的,這個五年生活教育培養了之後,一直到成佛,都是「齋戒不厭」。這個地方的齋戒在這裡我們就好講了,淨心曰齋,他達到心地清淨。不厭是精進,不疲不厭,這點很難做到,必須要事理通達,而且你照這個方法去做有得,你才會不厭,愈做愈起勁;如果你照這個方法去做,做了之後是一無所得,那你就會退轉。我們今天看到很多修行人,沒有多久的時間他退心了,他為什麼會退心?你要曉得,第一個他事理不通達,第二個他修行無所得,他怎麼不退心,他當然退心。我們今天得問,他得什麼?這個地方我們跟諸位講這個「得」字,他得什麼?他所得的就是自性三寶,所得的是這個。齋戒剛才講了,齋戒就是日常生活,就是修學,他修的什麼?修的是戒定慧。前面跟諸位說過,戒是清淨,定是正知正見,慧是智慧、是覺悟,戒定慧就是淨正覺,也就是佛法僧;慧、覺這是佛,定、正這是法,戒、淨這是僧。所以這是自性三寶,佛法僧是三寶,淨正覺是三寶,戒定慧是三寶,真正自性三寶顯現出來,而後才能夠不厭,「不厭」是從這個地方來的。這是我們接著前面講「知恥近乎勇」,不厭是大勇。我們中國古聖先賢跟我們講三達德,智、仁、勇,我們在此地,佛經裡面也看到大智、大仁、大勇。
文摘恭錄 — 阿難問事佛吉凶經 (第三集) 1982 台灣景美華藏圖書館 檔名:15-006-0003