Monday 18 February 2019

06.Menyalakan Pelita


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul :  Menyalakan Pelita

Kalimat berikutnya adalah “Menyalakan pelita dengan hormat”, menyalakan pelita melambangkan kebijaksanaan, artinya adalah mengembangkan cahaya kebijaksanaan diri sendiri, inilah yang dimaksud dengan menyalakan pelita.

Dengan kebijaksanaan diri mengabdi pada masyarakat, menciptakan berkah bagi para makhluk, inilah yang dimaksud dengan “Menyalakan pelita dengan hormat”, praktisi sekalian hendaknya mengingat ucapan ini baik-baik.

Anda sudah belajar Ajaran Buddha, anda menyalakan banyak pelita minyak demi memberi persembahan kepada rupang Buddha, padahal rupang Buddha terbuat dari ukiran kayu, anda sengaja menyalakan pelita minyak di hadapan rupang Buddha, apakah Buddha menghendaki anda berbuat sedemikian rupa? Hal ini mesti dipahami dengan benar, jangan sampai berpikir secara keliru!  

Menyalakan pelita minyak di hadapan rupang Buddha, tujuannya adalah mengingatkan diri sendiri supaya senantiasa mengembangkan kebijaksanaan. Anda ini hobi belajar, apa tujuannya? Tujuannya adalah untuk mengembangkan kebijaksanaan.

Kebijaksanaan bukanlah digunakan untuk mengejar ketenaran dan keuntungan bagi diri sendiri, tetapi kebijaksanaan mesti digunakan untuk menciptakan berkah bagi orang banyak.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 02
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0002


淨空老法師開示節錄 :
恭敬燃燈

再看底下一句,『恭敬燃燈』,燈是表智光,智慧光明,這個意思就是要把自己的智慧光明顯發出來,這就叫燃燈。我在這裡寫的是「好學近乎智,以智慧貢獻社會,造福眾生,這是恭敬燃燈意」,大家要好好的記住這句話。你學佛了,你在佛面前點了好多燈供養佛,佛是泥塑木雕的,他要你點燈幹什麼?這個事情錯不得!佛面前點的那盞燈,就是提醒我們自己要求智慧、要好學,學什麼?學智慧,所以古德說「好學近乎智」,意思在此地。我們有了智慧,智慧不是自私自利的,智慧是要為大眾造福。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第二集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0002