Saturday 23 February 2019

36.Tiga Jenis Ladang Berkah Bgn 2


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Tiga jenis ladang berkah 
(Bgn 2)

Ladang berkah jenis kedua adalah “Ladang balas budi”, balas budi adalah berbakti pada Ayahbunda, menghormati Guru. Oleh karena budi kebajikan Ayahbunda kepada kita adalah sangat besar, raga kita adalah pemberian Ayahbunda, Ayahbunda juga berbudi membesarkan dan mendidik, tanpa Ayahbunda maka takkan ada raga kita. Maka itu budi Ayahbunda sungguh besar.

Selanjutnya adalah budi Guru, Guru mengembangkan jiwa kebijaksanaan kita, sehingga kita dapat hidup dengan bijaksana, kita dapat mengenyam ilmu pengetahuan, ketrampilan dan kemampuan, semua ini diajarkan Guru, maka itu Guru berbudi pada kita.

Buddha, Bodhisattva, Kalyanamitra adalah Guru kita, Mereka mengembangkan kebijaksanaan kita, sehingga kita dapat mencapai Dharmakaya yang suci.

Maka itu budi Ayahbunda dan Guru sangatlah besar, kita mesti membalas budi Ayahbunda dan Guru, cakupan balas budi adalah sangat luas, di dalam semua judul sutra, Sang Buddha selalu mengajarkannya pada kita.

Ladang berkah jenis ketiga adalah “Ladang Derma”. Yang dimaksud ladang derma adalah membantu mereka yang membutuhkan uluran tangan, yang kurang mampu dan yang sedang ditimpa musibah.

Ketika kita melihat ada orang hidup susah, kita mesti memberi uluran tangan, ini adalah ladang berkah kita, di sini kita melatih berdana materi. Amisa Dana (dana materi) akan membuahkan kehidupan yang berkecukupan.

Manusia di dunia tidak memahami kebenaran ini, ketika hidup berkecukupan tidak tahu berdana, ketika harta kekayaan habis dinikmati, ingin berdana juga tidak berdaya, ini adalah kedunguan.

Harta kekayaan, kecerdasan dan usia panjang telah digariskan sebelumnya, inilah ladang berkah diri sendiri, yang anda tanami pada masa kehidupan lampau. Pada masa kehidupan lampau sibuk menanami, pada masa kehidupan sekarang pasti memetik hasilnya.

Buah karma itu ada tiga jenis yakni :
1. Karma yang langsung berbuah pada masa kehidupan sekarang
2. Karma yang berbuah pada masa kehidupan yang berikutnya
Umpamanya pada masa kelahiran lampau kita menimbun berkah, maka pada masa kehidupan sekarang menikmati berkah.
3. Karma yang berbuah setelah beberapa masa kehidupan yang akan datang, jadi waktu masaknya begitu panjang, mungkin pada masa kehidupan yang ketiga atau bisa saja hingga kalpa yang tak terhingga barulah berbuah.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 05
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0005


淨空老法師開示節錄 :
三種福田
(二)

另外一種就是報恩田,報恩是孝順父母、尊敬師長,師長就是我們的老師。因為父母於我們的恩德很大,我們的身得自於父母,父母對我們有養育之恩,沒有父母就沒有我們這個身體,所以恩德非常之大。其次就是老師,老師是我們慧命的父母,我們能夠開智慧,我們能夠得到學問、技能,是老師教導的,所以老師的功德跟父母是一樣。在佛法裡面講有生身父母,這就是我們自己父母,有法身父母,法身父母就是老師、是佛菩薩、善知識,我們自己的老師,我們從他這個地方才能夠開智慧,證得清淨法身。所以老師是我們智慧的父母。這兩種恩德最大的,我們一定要報父母、師長之恩,報恩裡面包括的境界非常廣大,佛在一切經裡面常常教導我們。

  第三種叫貧窮田,貧窮田就是世間有一些沒有福報的人,受貧窮,遭遇到苦難,一切苦難的眾生。我們見到他,我們應當盡心盡力去幫助他,這是我們的福田,在這裡修布施,財布施得財富不缺乏。世間人他不曉得這個道理,自己有財富的時候不能夠捨,到自己財富盡了,想布施又沒有能力,這都是愚痴。富貴,佛法、世間的宗教、學術都說是命中注定的,命中注定的就是福田,就是你前世所修的,前世所修這一生一定有收穫。果報這樁事情,在一切經裡面跟我們說,報的時候可以分為三類。第一類叫現報,現報就是在我們這一生當中就能夠收到果報,這叫現報。第二類是來生受報,叫生報,生報就是第二世。譬如說我們過去一世所修的福,這一生我們得到了,這種就叫生報,生報就是第二生。第三類叫後報,後報時間就很長,可以說從第三世到無量劫都是屬於後報。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第五集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0005