Petikan Ceramah
Master Chin Kung
Judul : Bukan
siswa Buddha
Buddha Sakyamuni
menyimpulkan kelompok orang begini “Bukanlah siswa Buddha”. Meskipun status
mereka adalah pengikut Buddha, tetapi mereka tidak menuruti teori dan cara yang
disampaikan oleh Sang Buddha, apa yang mereka lakukan malah telah berlawanan.
Maka itu
orang-orang begini walaupun statusnya adalah siswa Buddha yang telah mengambil
Visudhi Trisarana, juga telah mengambil sila, tetapi apa yang mereka lakukan
malah bertentangan dengan Ajaran Buddha, Sang Buddha takkan mengakui mereka,
demikian pula Triratna (Buddha, Dharma, Sangha) takkan mengakui mereka sebagai
siswa Triratna.
Hal ini mesti kita
ingat baik-baik, senantiasa melakukan introspeksi diri, apakah diri sendiri
adalah siswa Buddha yang tulen atau ternyata bukan siswa Buddha, kita harus
merenungkannya dengan seksama.
Mereka itu saat
masih hidup, segala hal yang dilakukan jadi tidak lancar, bagaimana pula
setelah meninggal dunia? Jatuh ke tiga alam penderitaan, yakni Alam Binatang,
Alam Setan Kelaparan dan Neraka.
Apa dosa mereka?
Yakni memelihara kesesatan, sehingga kian hari kian parah. Diri sendiri
menciptakan karma buruk, diri sendiri pula yang menerima akibatnya, apa yang
ditabur itulah yang dituai, apa yang mau dikatakan lagi?
Dosa yang lebih
besar adalah diri sendiri sudah sesat, malah menuntun orang lain ke jalan yang
sesat, anda sendiri sudah menganut kepercayaan takhayul, malah mengajak orang
lain supaya mengikuti anda percaya takhayul, dosa ini sungguh berat.
Sebagai praktisi
Buddhis hendaknya tahu bahwa diri sendiri sudah menganut kepercayaan takhayul,
sudah sepantasnya mendapat balasan karma, jadi mana boleh mengajak orang lain
supaya ikut percaya takhayul, maka itu akibat karma ini sungguh berat, jatuh ke
tiga alam penderitaan.
Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari
Belajar Buddha Dharma
Serial : 03
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0003
淨空老法師開示節錄 :
非佛弟子
佛在此地已經就下了結論,這個不是佛弟子,『非佛弟子』。雖然名字是佛弟子,可是他沒有遵守佛所講的這些理論與方法,他相違背了。所以這種人名字上是佛弟子,皈依三寶,也受了戒律,實際上他完全相違背,佛不承認他,自己認為是三寶弟子,可是佛不承認他,三寶從未承認他是弟子。這是我們應當要記住的,要反省自己到底是真佛弟子,還是非佛弟子,這是值得我們認真去反省、檢討的。
【死當入泥犁中被拷掠治。由其罪故。現自衰耗。後復受殃。死趣惡道。輾轉受痛。酷不可言。皆由積惡。其行不善。】
這一段是講什麼?講來世,現在你是事事不如意,到死了以後怎麼樣?死了以後的果報麻煩可大了。這就是死後,死後惡道輪轉三途。『泥犁』這兩個字是梵語的音譯,意思就是地獄,所以我在這裡寫「地獄之古譯」,在經典裡面我們常常會看到這個字,曉得它是梵語,就是地獄。『由其罪故』,罪再由迷入迷,我們把罪惡的根源找到之後就是個迷,愈迷愈深,就是從迷又入迷。這是你自己造罪,自己造罪自己受報,自作自受,還有什麼話講?更大的罪業是導他迷信,領導著別人,你自己迷信,還勸導一批人跟你去迷信,這個罪過大了,這是很大的罪過。我們學佛的同修一定要曉得,自己迷信活該,你怎麼能叫別人跟你一道迷信,這個罪太重了,他罪報在地獄,在三塗。
文摘恭錄 — 阿難問事佛吉凶經 (第三集) 1982 台灣景美華藏圖書館 檔名:15-006-0003