Wednesday 20 February 2019

21.Menyia-nyiakan budi Buddha


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Menyia-nyiakan budi Buddha

Terhadap teori dan pengamalan, kita tidak memiliki pemahaman yang benar, makanya tidak memiliki ketetapan hati, mudah goyah, terhadap segala hal masih ada keraguan.

Maka itu keyakinan hatimu tidak kokoh, sehingga setiap niat pikiran yang timbul, tindakan dan ucapan, tidak ada yang bukan menciptakan karma buruk.

Kalau belajar Ajaran Buddha dengan cara begitu, ini namanya “Menyia-nyiakan budi Buddha”, menyia-nyiakan ajaran yang telah disampaikan oleh Buddha Sakyamuni, mengabaikan budi kebajikan Buddha.

Ayahbunda memberi kita jiwa raga, sedangkan Buddha mengembangkan jiwa kebijaksanaan dan Dharmakaya kita. Maka itu Sang Buddha merupakan Ayahbunda bagi Dharmakaya kita, tanpa diriNya Dharmakaya kita tidak dapat muncul ke permukaan.

Maka itu untuk membalas budi Buddha, kita harus memahami ajaranNya dengan benar, mengamalkan sesuai dengan apa yang tercantum di dalam ajaran sutra, kemudian menyebarluaskan-nya, beginilah cara membalas budi Buddha.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 04
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0004


淨空老法師開示節錄 :
違負佛恩

【不達之人。心懷不定。而不堅固。進退失理。違負佛恩。】
  『達』是通達,通達一切事一切理,我們對於一切事理沒有正確的認識,不能通達,我們的心一定是不定,就是猶豫不定,對於一切事免不了會懷疑。因此你的信心就不堅固,一舉一動就違背了理性;換句話說,起心動念,一切造作,無不是業,無不是罪。這樣學佛實在是『違負佛恩』,違是違背,負是辜負,違背了佛的教導,辜負了佛的恩德。實在講,佛對我們來說是我們法身慧命之所寄託,父母生我們的是肉身,佛生我們的是法身。所以諸佛菩薩是我們的法身父母,沒有他,我們的法身不能夠顯現。雖然說法身是本具的,這是不錯,本具而沒有人指點,我們雖有等於無,法身、般若、解脫都不能得到受用,所以佛與我們有很大的恩德。從這幾句話來講,如果我們不辜負諸佛菩薩,首先你要通達佛所說的一切義理,你要能夠正確的理解,依教奉行,輾轉弘化,這才是報佛恩。他現在做的不是的,恰恰相反,是「進退失理,違負佛恩」。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第四集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0004