Petikan Ceramah
Master Chin Kung
Judul : Tidak
memperoleh perlindungan dari Dewa Bajik
Kita memuja Leluhur
tujuannya adalah sebagai ungkapan balas budi. Jadi pemujaan bukan berarti
memuja setan dan malaikat, apalagi setan sesat.
Oleh karena dengan memuja
setan sesat, para Dewa Langit, para Dewa Pelindung Dharma akan segera
menjauhimu, mengapa demikian? Oleh karena anda telah mendekatkan diri dengan
aliran sesat, anda tidak berada di jalan yang benar, maka itu para Dewa Pelindung
Dharma segera menjauhimu, pikiranmu sudah tidak benar.
“Tidak memperoleh
perlindungan dari para Dewa yang bajik”, mengapa demikian? Oleh karena terhadap
Tiga Mustika (Buddha, Dharma, Sangha), terhadap Dewa Pelindung Dharma, anda
sudah tidak yakin lagi, makanya pergi mencari perlindungan pada siluman, Mara
dan setan jahat lainnya, anda berinteraksi dengan para makhluk jahat ini,
makanya para Dewa bajik segera menjauhimu. Begitu Dewa bajik pergi, setan jahat
pun segera mendekatimu, ini sudah pasti.
Lima Kebajikan
ajaran Konfusius adalah kemuliaan, kebenaran, kesusilaan, kebijaksanaan, dapat
dipercaya. Orang yang mengabaikan lima kebajikan ini dinamakan siluman.
Jadi siapakah yang
disebut sebagai siluman? Yakni orang yang tidak mulia, yang tidak benar, yang
asusila, yang tidak bijaksana dan yang tidak bisa dipercaya.
Seperti yang
tercantum di dalam buku berjudul “Zuo Zhuan (karya Zuo Qiu-ming, sejarahwan
buta yang tersohor)”, bahwa “Bila manusia mengabaikan Lima Kebajikan maka
siluman akan berjaya”, apabila manusia telah mengabaikan Lima Kebajikan, maka
siluman, Mara dan setan jahatnya yang bercampur baur di dalam masyarakat akan
berjaya.
Istilah ajaran
Konfusius :
Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari
Belajar Buddha Dharma
Serial : 03
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0003
淨空老法師開示節錄 :
不得善護
我們祭祖先是為了報恩,不是我們祖先我們就不需要去祭他,他也不會怪我們。這是講祠祀、邪神,幹這個事情。
你這樣去做,前面所講的天神、護法神遠離了,為什麼?因為你已經行邪道,你不是在正道上,所以護法、正神他離開你,你心不在道上。『不得善護』,你沒有辦法得到這些諸天善神的擁護,得不到諸天、善神的保佑。為什麼?因為你對於三寶、對於諸天、善神失去了信心,你去找這些妖魔鬼怪,你跟他們打交道,善神離開了。善神一離開,惡神跟著就進來,這是必定的道理,所以『妖魅日進,惡鬼屯門』。什麼叫做妖魅?古德說「在德曰常」,德是什麼?性德,從性德裡表現的行為,這個常。我們中國的文化稱為倫常,五倫、五常,五常是仁、義、禮、智、信,相當於佛法裡的五戒。不殺生是仁,不偷盜是義,不邪淫是禮,不飲酒是智,不妄語是信,在佛法叫五戒,在我們中國固有文化叫五常。這是取得人道的資格,也就是我們講的人格,人格就是這五條。「棄常為妖」,什麼叫妖?仁義禮智信都不講求,都不要了;換句話說,無仁、無義、無禮、無智、無信,這就叫妖。《左傳》裡頭有句話說「人棄常則妖興」,人要是捨棄五常,這個社會妖魔鬼怪就興旺起來,也是這個意思。由此可知,我們所要修的,佛法講修戒定慧,戒定慧裡頭把五常全部都包括了,這是人道,這是天道、菩薩道、佛道的根基。
文摘恭錄 — 阿難問事佛吉凶經 (第三集) 1982 台灣景美華藏圖書館 檔名:15-006-0003