Monday 11 March 2019

122.Siksaan di Neraka tiada henti dan terputus


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Siksaan di Neraka tiada henti dan terputus

Kalimat berikutnya adalah menggambarkan siksaan di Neraka. Ketika seorang pelaku kejahatan jatuh ke Neraka menjalani siksaan, dia akan disiksa sampai mati, setelah mati, ada angin Neraka yang meniupnya, si pelaku kejahatan akan hidup kembali dan menjalani siksaan, seperti yang disebut sebagai dalam waktu sehari semalam tak terhitung lagi berapa kali mati dan hidup kembali, ingin hidup tidak bisa, ingin mati pun tidak bisa.

Hanya dalam waktu sekejab dari wujud manusia berubah menjadi makhluk Neraka yang menjalani siksaan. Setelah hukuman usai baru dapat keluar, selama menjalani masa hukuman di Neraka, siksaan yang diterima tiada henti-hentinya, juga tidak pernah terputus, tiada kesempatan sama sekali untuk beristirahat meskipun hanya sejenak, tidak ada.

Lagi pula segala bentuk siksaan di Neraka adalah dijalani secara sekaligus, bukan satu persatu, jadi dijalani secara sekaligus, oleh karena makhluk di Neraka adalah tubuh jelmaan, kondisi begini, praktisi sekalian bila membaca “Ksitigarbha Sutra” pasti dapat memahaminya. 

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 12
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0012


淨空老法師開示節錄 :
地獄刑罰決定沒有間斷的

第三首容易懂,就是地獄果報的苦況,接著前面一句所說的。『求死不得死』,這是五無間地獄,叫命無間。你在受刑罰的時候死了,地獄風一吹又活起來,活過來再受罪,所謂是一日一夜萬死萬生,求死不得,求生不能。『須臾已變形』,這是形無間,從人身變到地獄裡受罪的身相。『矛戟相毒刺』,這是講的時無間、苦無間。從入地獄必須到你罪受滿才能出來,所受的刑罰決定沒有間斷的,不會說斷一下叫你休息一下,沒有。而且地獄裡頭所有刑罰是一起要受的,不是分別一個一個受的,是同時受的,因為地獄裡面是化身,這種情形諸位念《地藏菩薩本願經》就曉得了。『軀體』,這個身體,『恆殘截』,恆是恆常,不完整,這句是講時無間。


文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第十二集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0012