Monday 25 February 2019

45.Di dalam rumah terdapat dua orang Buddha


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Di dalam rumah terdapat dua orang Buddha

Buddha Sakyamuni berkata pada Ananda, pada masa kelahiran lampau anda memiliki pahala, “anda” di sini menunjuk pada Ananda, pada masa kelahiran lampau anda memiliki pahala.

Jalinan jodoh Ananda dan Buddha Sakyamuni sangat mendalam, pada masa kehidupan lampau senantiasa menjadi sahabat melatih diri, kadang kala menjadi abang adik, hubungan keduanya sangat dekat.

Ini adalah pahala, setiap kelahiran demi kelahiran tahu menanam berkah, tahu menimbun berkah. “Hari ini mendukung Buddha”, maka itu sekarang anda barulah dapat menjadi dayaka Buddha, yakni mendampingi dan meladeni Buddha.

Kalau begini pikir-pikir, kita ini tidak punya berkah, tidak dapat menjadi dayaka Buddha, tetapi praktisi sekalian, tahukah kalian bahwa apakah dengan menjadi dayaka Buddha Sakyamuni barulah dapat disebut sebagai insan yang memiliki pahala besar?

Tentu saja tidak, seperti yang telah kita bahas sebelumnya, anda mesti mencapai pencerahan, mencapai tingkatan kesucian, barulah dikatakan punya pahala. Tetapi Ananda memiliki kesempatan ini, menjadi dayaka Buddha.

Hari ini kita dapat bertemu dengan sutra asli, asalkan kita membangkitkan hati yang tulus, membangkitkan perasaan hormat, Master Yin Guang mengajarkan pada kita, kita memasuki pintu Buddha dengan memulainya dari “Ketulusan”, maka berkah kehidupan lampau kita takkan berada di bawah peringkat Ananda.

Buddha Sakyamuni telah tiada, Sang Buddha selalu berkata bahwa di rumah kita terdapat dua orang Buddha, siapakah itu? Yakni Ayah kita adalah Buddha, Bunda kita juga adalah Buddha, anda dapat berbakti pada Ayahbunda, inilah yang merupakan ladang berkah yang sesungguhnya.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 05
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0005


淨空老法師開示節錄 :
家裡面有兩尊佛

『汝宿有福』,「汝」是指阿難,你過去世有福報。阿難尊者跟釋迦牟尼佛因緣很深,過去生中常常都是同參道友,有的時候做兄弟,關係非常密切。這是有福報,生生世世曉得種福,曉得修福。『今得侍佛』,所以你現在才能夠為佛的侍者,就是在佛的身旁伺候佛。我們讀這節經文當然也很感慨,想想我們沒福,不能做佛的侍者,可是諸位要曉得,難道真正做釋迦牟尼佛的侍者就有很大福報嗎?那也不盡然,像剛才講,必須到你開悟、證果,才叫福報。阿難是有這個機緣。我們今天遇到了真正的經典,只要我們能夠發至誠心、發恭敬心,印光大師教給我們的,我們從「誠敬」入門,我們的宿福就不在阿難之下。佛不在了,佛常說我們家裡面就有兩尊佛,是誰?你的父親、母親就是佛,你能夠孝敬你的父母,那是真正福田。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第五集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0005