Tuesday 26 February 2019

53.Negeri Tanpa Kekhawatiran


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Negeri Tanpa Kekhawatiran 

Keyakinan pasti lahir dari pemahaman yang benar, bersua dengan Buddha Dharma sejati atau Ajaran Buddha yang asli, memahami secara benar, makanya dia membangkitkan keyakinan, insan yang yakin pada Ajaran Buddha, telah menanam ladang berkah.

“Kelak terlahir di Negeri Tanpa Kekhawatiran”, “Tanpa Kekhawatiran” memiliki dua makna, yakni yang pertama adalah memperoleh pembebasan agung, yakni menjauhi penderitaan memperoleh kebahagiaan; makna yang kedua adalah terlahir ke Alam Sukhavati, oleh karena Alam Sukhavati juga disebut sebagai Negeri Tanpa Kekhawatiran.

Setelah mendengar pembabaran sutra dari Buddha Sakyamuni, Ananda menerima, meyakini dan mengamalkan sesuai dengan ajaran yang telah disampaikan Sang Buddha.

Bukan saja diri sendiri harus mengamalkan Ajaran Buddha, namun juga menyebarluaskannya, setiap saat dan kapan saja, kepada semua orang, marilah kita menerima, meyakini dan mengamalkan sesuai dengan ajaran yang telah disampaikan Sang Buddha, agar setiap insani memahami kebenaran dari alam semesta dan kehidupan manusia.

Semoga setiap insan dapat tercerahkan, setiap orang dapat menghapus pandangan sesat, berlindung pada pencerahan (Buddha), kebenaran (Dharma) dan kesucian (Sangha), menjauhi segala pencemaran batin, memperoleh kesucian baik lahiriah maupun batiniah, menikmati kebahagiaan bebas tanpa rintangan.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 05
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0005


淨空老法師開示節錄 :
無憂國

『信者得植』,信一定是有正確的理解,遇到真正佛法,理解,他相信了,信的人種了福。『後生無憂』,「無憂」有兩層意思,一個是得大自在,就是離苦得樂,這是無憂;另外一個意思,也有人講往生西方極樂世界,這是無憂,因為西方世界也叫做極樂國,也叫做無憂國,這兩個意思都非常好。『阿難受教』,阿難尊者聽佛這番開示之後,受就是接受,接受佛的教誨。『奉行』是他自己依照這個理論、依照佛的教訓,他都能夠做得到,奉行。『普聞』就是輾轉流通,不但自己做到,處處時時勸勉一切人,大家都來接受佛陀的教育,都能明白宇宙人生的道理。人人覺悟,人人都能破除邪見,皈依正覺,人人都離染污,得到身心清淨,自在快樂。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第五集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0005