Petikan Ceramah
Master Chin Kung
Judul : Kekuatan
tekad melampaui kekuatan karma
Manusia diatur oleh
kekuatan karma, kekuatan karma baik akan mengakibatkan seseorang hidup
menikmati berkah, sedangkan kekuatan karma buruk mengakibatkan seseorang hidup sengsara.
Dengan perkataan lain, tidak ada seorang pun yang berdaya melampaui Hukum Sebab Akibat.
Ajaran Buddha
mengajarkan pada kita tentang kebenaran alam semesta dan kehidupan manusia,
setelah seseorang memahami kebenaran maka dia dapat disebut sebagai Buddha,
oleh karena setelah memahami kebenaran, dia takkan tersesat lagi.
Sedangkan para
makhluk adalah tersesat, tidak memahami kebenaran alam semesta dan kehidupan
manusia, makanya disebut sebagai makhluk. Ketika dia memahami kebenaran secara
keseluruhan, maka disebut sebagai Buddha.
Kata Buddha bila
diterjemahkan ke dalam Bahasa Mandarin bermakna kebijaksanaan agung dan
pencerahan agung. Maka itu Buddha bukanlah Dewa atau malaikat, tidak boleh
memandangNya sebagai Dewa atau malaikat.
Setelah kita memahami
kebenaran alam semesta dan kehidupan manusia, maka kita dapat disebut sebagai
Buddha. Jadi gelar Buddha itu bukan anugerah dari orang lain, juga bukan
anugerah dari siapapun, tetapi merupakan hasil pencerahanmu, hasil pelatihan
dirimu, hasil pencapaianmu.
Setelah memahami
kebenaran alam semesta dan kehidupan manusia, maka anda telah melampaui
kekuatan karma. Umpamanya, usia si A cuma sampai 40 tahun saja. Tetapi si A
memahami kebenaran, sehingga dapat mengubah kekuatan karma menjadi kekuatan
tekad, kini usianya bertambah panjang karena kekuatan tekadnya.
Di dalam pintu
Buddha terdapat istilah “Bertekad kembali lagi”, bertekad kembali lagi bukan
harus meninggal dunia dulu, baru kemudian lahir kembali ke dunia ini.
Umpamanya si A
usianya cuma sampai 40 tahun saja sudah mati, tetapi dia memahami kebenaran
Buddha Dharma, memahami kebenaran alam semesta dan kehidupan manusia, jiwa
raganya suci, benar-benar memperoleh pembebasan, tidak mengalami kelahiran dan
kematian, bersamaan itu pula dia membangkitkan tekad Maha Karuna, dia ingin
menetap lebih lama lagi di dunia ini guna memberi manfaat bagi para makhluk.
Dengan perkataan
lain, dia ingin meneruskan hidupnya, maka kehidupannya di atas usia 40 tahun,
adalah bertekad kembali lagi, apa alasannya? Dia tinggal lebih lama di dunia
ini adalah karena kekuatan tekadnya, bukan lagi karena kekuatan karmanya.
Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari
Belajar Buddha Dharma
Serial : 11
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0011
淨空老法師開示節錄 :
願力勝過業力
一般眾生我們講人,我們這個身是業報之身,就是潛意識的業力,潛意識業力是善,我們這一生做人享福,有福報,潛意識如果造的是惡業,我們這一世做人就很苦。果報有總報、有別報,《唯識論》裡頭說得非常的詳細;換句話說,任何一個人都沒有辦法超越因果報應的定律。
但是也有一個例外,那個例外就是真正明瞭佛法的道理,所謂佛法的道理,就是宇宙人生的真相,我這樣講大家比較容易接受,佛法的真理就是宇宙人生的真相。真相明白了就叫做佛,明白真相就不迷了。所謂眾生,就是迷惑顛倒,對於宇宙人生真相不明瞭,在那裡虛妄的猜測,這就叫眾生。完全明瞭就叫佛,佛翻成中國的意思是大智大覺,就是這個意思,所以佛不是神,不可以把他當作神明來看待。我們把宇宙人生真相搞清楚,真看明白了,我們自己就叫做佛,誰明瞭了他就叫佛。所以,佛不是人給你的,不是哪一個授予你這個地位的,不是的,是你自悟、自修、自己證得的,這是千真萬確的事。你要把宇宙人生事實真相搞清楚了,你就超越因緣果報,就超越了,那時候你這個身體還在世間,我們業報的壽命到了,終了了,一般講該死了,他業報盡了,事實真相瞭解,業報可以到這個時候結束,但是繼續的他可以用願力支持。佛門裡有句話說「乘願再來」,乘願再來不一定是他死了以後再投生,又到這個世間來,這叫乘願再來,這也能講得通。譬如這個人他的壽命只有四十歲,他四十歲到了應當是死了,業報到這裡完了,他通達佛法的道理,通達宇宙人生的真理,他自己身心清淨,真正獲得解脫,他不受生死,同時他又有大悲願力,他要長期住世利益一切眾生;換句話說,他還能繼續的活下去,那麼四十歲以後他的壽命就是乘願再來身,為什麼?是願力住世的,不是業力。
文摘恭錄 — 阿難問事佛吉凶經 (第十一集) 1982 台灣景美華藏圖書館 檔名:15-006-0011