Tuesday 12 March 2019

128.Neraka Tali Hitam


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Neraka Tali Hitam

Mari kita simak kalimat berikutnya :
“Setelah meninggal dunia jatuh ke Neraka Tali Hitam. Jatuh ke tiga alam rendah merupakan salah satu dari Delapan kondisi sulit untuk berkesempatan belajar Buddha Dharma. Sulit berpeluang terlahir kembali jadi manusia”.

Ini menunjukkan siksaan yang diterima di Alam Neraka, akibat dari menganut kepercayaan takhayul, jatuh ke Neraka Tali Hitam, yakni menggunakan tali hitam untuk membuat tanda garis di tubuh pelaku kejahatan. Kemudian dengan menggunakan gergaji memotong se-inci demi seinci bagian tubuh si pelaku kejahatan, menjalani siksaan sedemikian rupa.

“Jatuh ke tiga alam rendah merupakan salah satu dari Delapan kondisi sulit untuk berkesempatan belajar Buddha Dharma”. Delapan kondisi sulit ini telah kita jelaskan pada pembahasan sebelumnya.

Delapan Kesulitan tersebut adalah :
1. Terlahir di “Uttara-kuru”.
2. Terlahir di Arupaloka.
3. Terlahir sebagai orang “buta, tuli dan bisu”.
4.  Terlahir sebelum dan sesudah era Buddha hadir di dunia.
5. Terlahir sebagai insan yang tidak memiliki kebijaksanaan.
6. Terlahir di Alam Binatang
7. Terlahir di Alam Setan Kelaparan
8. Terlahir di Neraka

Mengapa dia mengalami Delapan kondisi sulit sehingga tidak berkesempatan mendengar Buddha Dharma? Ini akibat dari menganut kepercayaan takhayul.

“Sulit berpeluang terlahir kembali jadi manusia”, dia jatuh ke tiga alam rendah yakni Neraka, Alam Setan Kelaparan, Alam Binatang, jika ingin lahir kembali jadi manusia adalah hal yang tidak mudah, oleh karena kesempatan terlahir ke Alam Manusia adalah sulit diperoleh, demikian pula kesempatan mendengar Buddha Dharma juga sulit diperoleh.

Usai menjalani masa hukuman di tiga alam rendah, meskipun dia berpeluang terlahir kembali jadi manusia, namun kondisinya akan sangat menyedihkan, oleh karena masih membawa tabiat alam rendah, makanya di dunia manusia, masih saja menjalani kesengsaraan.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 12
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0012


淨空老法師開示節錄 :
黑繩獄

  再看底下一首:
  【死墮十八處。經歷黑繩獄。八難為界首。得復人身難。】
這是講地獄裡面所受的各種苦況,這就是世間意,前面這是講的世間意,世間意果報在十八層地獄。『十八處』就是十八層地獄,十八層地獄還不是根本地獄。『經歷黑繩獄』,「黑繩獄」是根本地獄的一種,是用黑繩量畫罪人的身體,然後再加之以刀鋸,一寸一寸的給你鋸,受這樣的刑罰。『八難為界首』,「八難」在前面跟諸位講過,三途、長壽天、北俱盧洲、盲聾瘖啞、世智辨聰、佛前佛後,這個是難,遭了難,他之所以會遭難,都是世間意所招得來的。『界首』,「界」有差別的意思,也有因的意思,也有種族的意思,佛經裡有好多種講法,就如同我們所講的十八界一樣。『得復人身難』,他墮落在惡道,地獄、餓鬼、畜生,再想得人身相當不容易,人身難得,佛法難聞,這個意思前面也跟諸位說過。

  【若時得為人。蠻狄無義理。痴駿無孔竅。跛躄瘂不語。矇矓不達事。惡惡相牽拘。】
  這個六句是說他在惡道裡面罪受完了又得人身,得人身是什麼樣的情況?因為帶著惡道的習氣,所以在世間也是受罪之人。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第十二集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0012