Monday 25 February 2019

43.Betapa sulitnya bertemu dengan kemunculan Buddha di dunia ini


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Betapa sulitnya bertemu dengan kemunculan Buddha di dunia ini 

Dihitung sejak Buddha Sakyamuni memasuki Parinirvana hingga sekarang ini sudah lebih dari tiga ribu tahun lamanya, masa keberlangsungan Dharma Buddha Sakyamuni adalah 12 ribu tahun, sekarang sudah melewati 3 ribu tahun, masih tersisa 9 ribu tahun lagi.

Dengan perkataan lain, selama 12 ribu tahun, masih ada Buddha Dharma di dunia ini, tampaknya jangka waktu 12 ribu tahun ini cukup panjang, sesungguhnya sangat singkat, apa alasannya?

Coba pikirkan, setelah 12 ribu tahun kemudian, tidak ada lagi Buddha Dharma di dunia ini, harus menanti hingga Buddha yang akan datang turun ke dunia, barulah ada Buddha Dharma lagi.

Siapakah Buddha yang akan datang? Bodhisattva Maitreya, jadi harus menanti Beliau turun ke dunia barulah ada Buddha Dharma lagi, kapankah Beliau akan muncul ke dunia ini?

Menurut yang tercantum di dalam “Maitreya-vyakarana Sutra (Sutra tentang turunnya Bodhisattva Maitreya ke dunia)”, Bodhisattva Maitreya akan lahir di dunia ini pada 5,67 miliar tahun lagi, jadi bukan sekarang.

Bayangkan, 5,67 miliar tahun lagi, sementara itu masa keberlangsungan Dharma Buddha Sakyamuni hanya 12 ribu tahun saja, inilah yang disebut sebagai “Adanya Buddha menetap di dunia ini waktunya sangat pendek, tidak adanya Buddha menetap di dunia ini waktunya sangat panjang”, kalimat ini mesti diingat baik-baik, barulah menyadari bahwa “Betapa sulitnya bertemu dengan kemunculan Buddha di dunia ini”.

Dasar perhitungan tiga ribu tahun:

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 05
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0005


淨空老法師開示節錄 :
佛世難值

我們的本師釋迦牟尼佛,他老人家滅度之後到現在,依照我們中國的算法有三千多年,釋迦牟尼佛的法運有一萬二千年,已經過了三千年,法運還有九千年;換句話說,在這一萬二千年當中都可以說是有佛世。有佛世有一萬二千年,這個時間滿長!其實很短,為什麼?你要想想,這一萬二千年之後沒有佛,佛的經典不在人間,沒有了,要等底下一尊佛出世我們這個世間再有佛。底下的佛是誰?彌勒佛,彌勒現在是菩薩,等到他出世的時候我們世間才有佛。彌勒什麼時候出世?《彌勒下生經》裡面佛告訴我們,五十六億年後出世,不是現在。五十六億年後出世,諸位想想,釋迦牟尼佛的法運只有一萬二千年,彌勒佛要五十六億年以後才出世,「有佛世極短,無佛世極長」,這兩句話要記住。你才曉得「佛世難值」,真正不容易遇到。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第五集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0005