Friday 1 March 2019

67.Melenyapkan niat membunuh


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Melenyapkan niat membunuh

Setiap insan mesti menaati sila tidak membunuh, lebih maju lagi selangkah adalah mesti melenyapkan niat membunuh. Poin ini mesti diperhatikan dengan seksama.

Bila hanya menghindari pembunuhan saja, tidak gampang untuk mengeliminasi dosa, ketika niat membunuh sudah dilenyapkan, para makhluk yang anda sembelih pada masa kehidupan lampau, takkan berdaya balas dendam padamu.

Walaupun pada masa kehidupan sekarang, anda tidak membunuh, tetapi niat untuk membunuh itu masih ada, sehingga musuh kerabat penagih utang masih memiliki kesempatan untuk mencarimu balas dendam, maka itu kita mesti melenyapkan niat membunuh.

Dalam kehidupan keseharian, apabila tidak sanggup menjalani pola makan vegetarian, boleh mengonsumsi “daging tiga kriteria”.

Ketika Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma di dunia, anggota Sangha hidup dengan cara berpindapatra, jadi makanan apa yang diberikan para dermawan, itulah yang dimakan, tidak merepotkan orang lain, memberikan keleluasaan bagi masyarakat.

Umat Buddha yang tidak sanggup menjalani pola makan vegetarian, dapat memilih mengonsumsi “daging tiga kriteria”. Apa yang dimaksud dengan daging tiga kriteria? Yakni daging yang memenuhi tiga persyaratan :
1. Tidak mendengar suara jeritan hewan itu ketika dibunuh.
2. Tidak melihat ketika hewan itu dibunuh
3. Hewan itu bukan dibunuh untuk diriku.

Hari ini daging tiga kriteria ini banyak dijual di pasar, anda tidak mendengar, tidak melihat dan tidak memesannya, anda boleh mengonsumsi daging tiga kriteria ini.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 06
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0006


淨空老法師開示節錄 :
要斷殺心

在消極的方面來說是守這個戒律,不殺生,這條一定要遵守,更進一步就是要斷殺心。這是大家特別要注意到的。單單不殺生還不太容易滅罪,你殺心斷掉,你過去殺的眾生他就沒有辦法報復了。你這一世雖然不殺生,你的殺心沒有斷,過去那些冤家債主還有辦法找到你,殺心斷了他沒法子找你,所以我們要把殺心斷掉。在生活方面,可以吃三淨肉,你不能夠素食的話,吃三淨肉。佛陀在世,這是我們要注意到的,佛陀在世的時候出家人生活方式是托缽,托缽是施主給什麼我們就吃什麼,這是不麻煩別人,是給別人的一種方便。在中國雖然是不托缽,我們在家的同修肉食選三淨肉。什麼叫三淨肉?第一個是不聞殺,沒有聽到殺的聲音;第二是不見殺,沒有看到殺,沒有見到殺,沒有聽到殺的聲音;第三不為我殺,他這個殺生不是為我。今天像市場上這些雞魚鴨肉都有,你也沒有聽到殺、你也沒有見殺、他也不是為你殺的,你買這個來吃,不犯戒,這佛在戒律上是允許我們的。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第六集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0006