Friday 8 March 2019

99.Mantra harus diajarkan langsung secara lisan Bgn 1


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul :  Mantra harus diajarkan langsung secara lisan
(Bagian 1)

Di dalam pintu Buddha, Dharani yang dikenal luas adalah Maha Karuna Dharani, Surangama Dharani. Dharani dan mantra umumnya berisi nama-nama setan dan malaikat. Jadi kalau nama-nama tersebut dieja secara tidak tepat, maka setan dan malaikat juga tidak memahami apa yang anda lafalkan.

Umpamanya Presiden Amerika Serikat bernama Ronald Reagan (ceramah ini diberikan pada tahun 1982), orang Tionghoa mengejanya sebagai “Lei Gen”, cobalah pergi ke Amerika lalu bilang ke warga setempat bahwa anda hendak mencari Lei Gen, apakah orang Amerika bisa mengerti apa yang anda maksud? Mustahil!

Lagipula kata “Reagan”, orang Tionghoa mengejanya sebagai “Lei Gen”, lain pula dengan pengejaan orang Vietnam, lain pula ejaan dalam dialek Kanton, dialek Shanghai, bahkan Reagan pun tidak paham kalau yang disebutkan itu adalah namanya.

Dengan perkataan lain, setan dan malaikat pun tidak paham apa yang sedang anda baca, jadi menurutmu apakah mantra yang anda lafal itu, efektif atau tidak? Masa kini pelafalan mantra sudah makin tidak efektif, oleh karena ejaan yang tidak tepat.

Catatan :
Beda mantra dan Dharani adalah mantra isinya pendek, Dharani isinya panjang.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 10
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0010


淨空老法師開示節錄 :
密咒一定要靠口傳
(一)

在現在佛門裡面流通最普遍的是大悲咒、楞嚴咒,你們諸位想想,大悲咒除了咒心之外,咒心是從「唵,悉殿都」以下,這幾句是咒心,就是大悲咒真正的咒語,前面全部都是鬼神的名號;楞嚴咒也是如此,咒心只有十句,其餘的也都是鬼神的名號。諸位想想,鬼神的名號你的音念得要是不正確,他怎麼能聽得懂?我們不要說古人,不要講六道,我們拿今天來說,譬如說歐美這些名人,他的名字我們中國把它翻過來,美國的總統我們翻雷根,你要到美國去,「我要找雷根」,他會聽得懂嗎?他聽不懂!而且「雷根」這兩個字,我們國語有國語的發音,閩南語念這兩個字音就不一樣,廣東話念這兩個字又不同,上海話念這兩個字又不同,你叫雷根去聽,這是叫我嗎?他都懷疑了。換句話說,你跟鬼神講話講的他不懂,這咒還靈嗎?不靈,諸位要曉得這個意思。現在這些密咒念來念去念得不靈,就是這個音念訛了,念得不正確。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第十集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0010