Monday 18 February 2019

04.Jasa Kebajikan diperoleh dari melatih diri


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Jasa Kebajikan diperoleh dari melatih diri

Jasa kebajikan diperoleh dari melatih diri, praktisi sekalian harus bisa membedakan jasa kebajikan dan berkah kebajikan. Jasa kebajikan merupakan hasil pelatihan diri sendiri, menemukan kembali jiwa sejati, mengakhiri tumimbal lahir, terlahir di Tanah Suci Sukhavati, inilah yang dimaksud dengan jasa kebajikan.

Berkah kebajikan buah akibatnya adalah terlahir Alam Dewa, Alam Manusia, Alam Setan Kelaparan, Alam Binatang, untuk menikmati pahala atas perbuatan baiknya.   

Umpamanya sahabat An Shi-gao yang jatuh ke Alam Binatang menjadi Malaikat Air di Danau Poyang, mengapa dia bisa memiliki pahala yang sedemikian besarnya?

Oleh karena pada masa kelahiran lampau dia mempelajari dan memahami ajaran sutra, makanya dia bisa begitu sakti; pahalanya juga sangat besar, bahkan masyarakat yang berada di kisaran seribu li, akan datang menyembahyanginya, asap dupa senantiasa mengepul, petanda pahalanya sangat besar, oleh karena pada masa kelahiran lampaunya, dia suka berdana.

Lantas mengapa dia bisa jatuh ke Alam Binatang untuk menikmati pahalanya? Oleh karena di hatinya masih ada kebencian.

Ada juga yang jatuh ke Alam Setan untuk menikmati pahalanya, menjadi Raja Setan. Maka itu idealnya menikmati pahala adalah di Alam Dewa dan Alam Manusia.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 01
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0001


淨空老法師開示節錄 :
功德必須要自己修行

功德必須要自己修行,諸位一定要把功德跟福德認識清楚。功德必須自己修行,能夠明心見性,了生死,生淨土,這是功德;福德是果報,果報只在人、天、鬼、畜生四道當中去享受。譬如宮亭湖神,牠的福報,牠為什麼有那麼大的福?因為牠過去明經,所以牠很靈,牠靈驗就是因為過去法布施得來的,明經得來的;牠的福報那麼大,差不多周圍一千里的人都要去拜牠,香火之盛,超過我們本省鹿港的媽祖廟。香火那麼盛,那就是牠的福報大,因為牠從前喜歡布施,喜歡布施,牠有那麼大的福報,牠那麼樣的靈驗,是因為過去明經,可見得有因必有果。牠為什麼到畜生道裡面去享福?因為牠有瞋恨,牠留著有惡業,所以牠到畜道裡頭去受。也有到鬼道裡頭,到鬼道裡頭做城隍,我們本省的王爺公那都是鬼王,閻羅王也是鬼王,鬼道裡去享福。所以說殊勝的福報,應當在人天當中去享受,這才是真正的福報。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第一集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0001