Petikan Ceramah
Master Chin Kung
Judul : Tiga
jenis ladang berkah
(Bgn 1)
Andaikata pada masa
kehidupan lampau tidak mempunyai ladang berkah, maka tidak mudah bertemu dengan
Buddha Dharma. Apa yang dimaksud dengan ladang berkah? Ladang berkah itu ada tiga
jenis yakni :
1. Ladang jasa
kebajikan
2. Ladang balas
budi
3. Ladang derma
Ladang melambangkan
sesuatu yang dapat tumbuh dan berkembang, contohnya lima jenis biji-bijian tumbuh
dari ladang. Kita memohon berkah, berkah itu tumbuh di mana? Tempat tersebut
dapat menumbuhkan pahala, kita menyebutnya sebagai Ladang Berkah.
Maka itu manusia di
dunia ini bila ingin memohon berkah maka terlebih dulu harus menanami ladang
berkah, menanami ladang berkah barulah bisa memperoleh pahala.
Ada tiga jenis ladang
berkah, ketiga-tiganya harus kita pahami, ketiga ladang berkah ini harus kita
tanami semuanya, barulah pahalamu akan besar sekali, ladang berkahmu akan
sangat unggul.
Umumnya manusia di
dunia ini, dari tiga jenis ladang berkah, selalu kekurangan “Ladang jasa
kebajikan”, mereka hanya tahu menanami jenis “Ladang balas budi” dan “Ladang derma”.
Maka itu hanya siswa Buddha yang menanami ladang berkah secara sempurna.
Tentu saja dari
ketiga jenis ladang berkah, yang paling penting adalah “Ladang jasa kebajikan”,
apa yang dimaksud dengan jasa kebajikan? Yakni “Tekun mengamalkan Tiga
Pelatihan dan Tiga Kebijaksanaan”.
“Tiga Pelatihan”
adalah sila, samadhi (konsentrasi) dan prajna (kebijaksanaan). “Tiga
Kebijaksanaan” adalah mendengar, merenungkan, melatih.
Tiga Pelatihan
merupakan pelajaran dasar dalam Buddha Dharma, sejak praktisi pemula hingga
mencapai tingkatan Bodhisattva Calon Buddha, tidak boleh memisahkan diri dari
sila, samadhi dan prajna.
Tiga Kebijaksanaan
merupakan pelatihan Bodhisattva, Tiga Kebijaksanaan harus berlandaskan pada
Tiga Pelatihan; dengan perkataan lain, setelah memiliki Tiga Pelatihan barulah
dapat mewujudkan Tiga Kebijaksanaan, hal ini hanya terdapat di dalam Buddha
Dharma.
Di dalam Buddha
Dharma Hinayana hanya terdapat Tiga Pelatihan, tetapi tidak ada Tiga
Kebijaksanaan, hanya di dalam Buddha Dharma Mahayana barulah sempurna akan Tiga
Pelatihan dan Tiga Kebijaksanaan, ini merupakan ladang berkah yang
sesungguhnya, ladang berkah yang tidak bercelah.
Setelah sempurna maka
dicapailah KeBuddhaan, kita menyebut Buddha sebagai ladang berkah tertinggi
tiada taranya, tiada lagi yang dapat melampaui ladang berkah ini.
Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar
Buddha Dharma
Serial : 05
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0005
淨空老法師開示節錄 :
三種福田
(一)
「宿有福田得逢佛法」。由此可知,如果過去世沒有福田,就不容易遇到佛法,遇到佛法的確是不容易。在此地,我們先說明什麼叫做福田,經典裡面常常講的三種福田,第一種叫「功德田」,第二種叫「報恩田」,第三種叫「貧窮田」。所謂「田」是代表能夠生長的意思,譬如我們人間五穀雜糧都是從田地裡面生長的。我們求福,福從什麼地方長?哪個地方能夠生長福報,我們就叫它作福田。所以世間人要求福就要種福田,種福田才能夠得到福報。福田有三種,這三種我們都必須要曉得,三種福田統統都種,你福報就很大,你的福田就非常殊勝。世間人往往在三種福田裡面缺乏功德福田,後面這兩種世間有,所以只有佛弟子修的福田才是圓滿的,才是真實的。
當然這三種福田裡面,最重要的是功德,功德是什麼?底下簡單跟諸位說明。「勤修三學三慧」,勤是要很勤奮、要精進、要不退轉,三學是指戒、定、慧,三慧是講聞、思、修。三學是在佛法裡的基本功課,從初發心一直到等覺菩薩都不能夠離開。三慧完全是菩薩所修的,三慧是要以三學為基礎;換句話說,三學有了成就才有三慧,這是唯獨佛法裡面才有。小乘佛法有三學,沒有三慧,唯有大乘佛法裡面才具足三學、三慧,這是真正的福田,是無漏的福田。圓滿之後,這是成佛,佛我們稱他作無上福田,再沒有比這個福田更高的。
文摘恭錄 — 阿難問事佛吉凶經 (第五集) 1982 台灣景美華藏圖書館 檔名:15-006-0005