Saturday 9 March 2019

104.Lahir dan mati bebas tanpa rintangan


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Lahir dan mati bebas tanpa rintangan

Hidup di dunia ini dengan kekuatan karma tidak mampu bebas dan leluasa, diatur oleh nasib, tetapi menetap di dunia ini dengan kekuatan tekad, maka akan memperoleh pembebasan agung, lahir dan mati bebas tanpa rintangan.

Dengan perkataan lain, ingin menetap beberapa tahun lagi, maka keinginan ini akan terpenuhi sesuai harapan, kapan saja ingin terlahir ke Alam Sukhavati, maka keinginan ini juga akan terpenuhi sesuai harapan, lahir dan mati bebas tanpa rintangan.

Praktisi senior tempo dulu yang berhasil mencapai kondisi batin sedemikian rupa, ada banyak sekali, sekarang juga ada, apakah anda tahu siapakah dia? Umumnya praktisi yang telah mencapai tingkatan begini, takkan memberitahu dirimu, oleh karena meskipun dia bilang padamu, anda juga takkan percaya, yang pasti anda akan curiga, menfitnahnya menciptakan rumor untuk mengelabui orang banyak.

Makanya praktisi yang telah mencapai kondisi batin ini, takkan mengatakannya keluar, seperti apa yang disebut sebagai praktisi tulen takkan membocorkan jati dirinya, yang membocorkan jati dirinya bukanlah praktisi tulen.  

Namun ada juga pengecualiannya, ketika beliau sedang mengajar di dalam kelas, di mana yang hadir adalah murid-muridnya yang pemahamannya terhadap Ajaran Buddha sudah cukup lumayan, maka beliau akan memberikan tanda atau sinyal, namun takkan terang-terangan memamerkan diri.

Beliau memberi tanda atau sinyal, tujuannya adalah memberi pembuktian pada murid-muridnya bahwa saya saja bisa mencapai kondisi batin ini, kalian pasti juga dapat mencapainya. Jadi beliau menyemangati semangat murid-muridnya supaya lebih giat lagi melatih diri, memperkokoh keyakinan hati generasi selanjutnya, inilah tujuan beliau.

Serupa dengan Upasaka Li Bing-nan, ketika memberi ceramah di Zhongxing New Village, beliau mengungkapkan bahwa ketrampilan melafal Amituofo yang dimilikinya telah mencapai tingkatan lahir dan mati bebas tanpa rintangan, kapan saja ingin terlahir ke Alam Sukhavati juga bisa terwujud, andaikata dirinya masih berjodoh dengan dunia ini, menetap lebih lama lagi bukanlah masalah. Ketika Guru Li mengungkapkan hal ini, beliau telah berusia lebih dari 70 tahun.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 11
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0011


淨空老法師開示節錄 :
生死自在

業力住世不自在,受命運支配,願力住世得大自在,生死自在;換句話說,喜歡住幾年就住幾年,喜歡什麼時候走就什麼時候走,生死自在。

古大德修學到這種境界的人很多,現在當然也有,你要說是誰?人家到這個境界他不會告訴你的,他要告訴你你也不會相信,反而你懷疑、毀謗,以為這是妖言惑眾。所以真正證得的人他不說,所謂真人不露相,露相決定不是真人。但是有一種例外的,在教學當中,差不多有相當程度的同學當中可以暗示,暗示的意思決不是標榜自己,而是給後學的人做見證。這個意思是說我能夠修到這個境界,你當然也可以修到,激發後學人的道心,堅固後人的信心,用意在這個地方。

  像台中李老師,有一天在中興新村講經的時候,他就透露了他念佛功夫已經到生死自在,無論什麼時候往生西方極樂世界都可以,這個世間有因緣,多住幾年也不礙事。他給我們透露這個消息,那時候老師七十多歲。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第十一集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0011