Tuesday 26 February 2019

54.Melindungi kehidupan adalah kebajikan yang paling utama


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Melindungi kehidupan adalah kebajikan yang paling utama 

Sila menghindari pembunuhan merupakan sila yang berada di urutan pertama, mari kita jabarkan bagaimana yang dimaksud dengan pembunuhan. Membunuh artinya mengambil nyawa makhluk hidup. Meskipun tumbuh-tumbuhan termasuk ke dalam kategori makhluk hidup, tetapi dia tidak bernyawa.

Sila menghindari pembunuhan ini memiliki cakupan yang luas, bukan saja membunuh secara langsung, atau “dilakukan diri sendiri”. Selain itu memberi perintah melalui mulut atau ucapan, menyuruh orang lain membunuh, atau memberi dorongan pada orang lain supaya membunuh. Meskipun anda tidak melakukannya sendiri, tetapi anda menyuruh orang lain melakukannya.

Jenis yang ketiga adalah membunuh melalui pikiran, meskipun tidak dilakukan sendiri, juga tidak menyuruh orang lain melakukannya, tetapi ketika melihat orang lain membunuh, anda begitu gembira dan senang sekali, ini dikarenakan anda memiliki niat membunuh.

Tiga cakupan di atas dapat dikategorikan sebagai melanggar sila pembunuhan, hal ini harus kita perhatikan dengan seksama, terutama yang dilakukan melalui pikiran, anda tidak melakukannya sendiri, juga tidak menyuruh orang lain melakukannya, tetapi ketika melihat peristiwa pembunuhan, anda merasa ikut bersukacita, atau memberi pujian, ini termasuk membunuh melalui pikiran. Makanya kita harus memahami cakupan dari pelanggaran sila.

Siksaan terberat bagi para makhluk adalah kematian, siapa yang tidak takut mati? Maka itu disimpulkan bahwa kematian merupakan siksaan terberat. Di dunia ini, kesengsaraan apapun masih bisa dijalani, asalkan tidak mati, maka itu para makhluk memandang kematian sebagai siksaan terberat, memikirkan segala cara guna melindungi keselamatan nyawanya.

Dibunuh orang lain, ini merupakan kematian yang sungguh tragis dan memprihatinkan, ini merupakan siksaan terberat dari segala siksaan, maka itu membunuh dikategorikan sebagai karma buruk yang paling utama.

Buddha Sakyamuni menempatkan sila menghindari pembunuhan di urutan paling pertama dari Lima Sila, sementara itu dari Sila Bodhisattva, sila menghindari pembunuhan juga menempati urutan pertama.

Maka itu melindungi kehidupan adalah kebajikan yang paling utama, melindungi keselamatan jiwa raga para makhluk, ini merupakan kebajikan yang terunggul.
  
Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 06
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0006


淨空老法師開示節錄 :
護生就為第一善行

殺生是戒律裡面的第一條戒,我們先講科題,「殺生責任第二」。先解釋什麼叫殺生?殺的意思是講斷命,把他的生命斷絕了;生是指有情眾生,有情拿我們現在的術語來說,包括了所有的動物,他有情識,有情識的是指動物。植物與礦物雖然也是眾生,但是它沒有情識,我們從這個地方來區別。就是一切的動物在佛法裡叫有情眾生。殺生範圍也很廣大,並不僅僅指我們自己親自去殺,這是屬於身業,就是『自手殺』,你親自動手殺害眾生叫他斷命。除這個之外還有口教殺生,教他殺,你下達命令,或者是勸別人去殺,雖然不是你自己殺,你是教他殺。第三種是意殺,雖然也沒有動手,也沒有教人,可是看到人家殺生你很歡喜、很高興,這是你有殺心。這三者都叫殺生,這是我們特別要注意到的,特別留意的就是意殺,你自己沒殺,也沒教他殺,可是你見到殺生起了歡喜心,或者你讚歎,這都是屬於意殺。所以,我們先要瞭解這個禁戒的範圍。

  這一科的意思我們分幾點來說明,第一點是「利樂有情」。眾生最苦是死,哪一個有情眾生不是貪生怕死?他怕死,可見得認為死是最苦,世間什麼樣的苦他可以忍受,只要他不死就行,可見得他把死看得最苦,用盡了方法要來保存他的活命。慘死尤甚,被人殺害這個死死得很淒慘,這是苦裡面的最苦,因此殺生為第一惡業。佛在戒律裡面把它列在第一條,五戒裡面第一條不殺生,菩薩戒裡頭第一條也是不殺生,把不殺生都是列入在戒律裡的第一條;換句話說,殺生是第一惡業。因此「聖教同宣戒殺」,在佛法裡,大小乘都勸我們戒殺,不但是大小乘佛法,人乘、天乘,人是五戒,天是十善,都將這個列在第一條。「仁為常首」,這是講我們中國儒家,我們中國固有文化也是把仁愛擺在五常之首,常就是五常。五常是仁、義、禮、智、信,仁是五常裡面的第一條,因此護生就為第一善行,保護眾生的身命安全,這是第一好事,好事當中的好事。
  
文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第六集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0006