Thursday 21 February 2019

25.Sepuluh Kejahatan Bgn 1


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sepuluh Kejahatan (Bgn 1)

Apa yang dimaksud dengan “Sepuluh Kejahatan”? Buddha Sakyamuni membabarkan bahwa Sepuluh Kejahatan adalah musuh kita, sehingga kelahiran demi kelahiran kita tidak bisa memperoleh ketenangan batin, tidak dapat menemukan kembali jiwa sejati, tidak dapat mencapai KeBuddhaan, ini dikarenakan Sepuluh Kejahatan.

Butir pertama dari Sepuluh Kejahatan adalah membunuh, dengan hati yang penuh kebencian, dengan hati yang penuh kedunguan, dengan hati yang penuh dengan kesesatan menghabisi nyawa makhluk lainnya. Ini merupakan kejahatan terbesar dari seluruh kejahatan, makanya berada di urutan pertama dari Sepuluh Kejahatan.

Butir kedua adalah mencuri, yakni mengambil harta benda milik orang lain tanpa persetujuan pemiliknya, atau si pemilik menyerahkan harta bendanya secara tidak ikhlas kepadamu, atau mencuri, atau merampas, atau menggunakan kekuasaan untuk memaksanya, dia tidak berani menolak menyerahkan harta bendanya meskipun tidak ikhlas, inilah yang disebut sebagai pencurian.

Seperti zaman dulu di Tiongkok, para pejabat korup menggunakan kekuasaan untuk menindas rakyat, sehingga terpaksa menyerahkan benda berharga miliknya secara tidak ikhlas demi melindungi nyawa sendiri, ini disebut sebagai pencurian.

Maka itu cakupan dari definisi mencuri itu sangat luas, jadi jangan mengira bahwa diri sendiri tidak merampok juga tidak mencuri. Tetapi anda menggunakan kekuasaan untuk memaksa orang lain memberi hadiah padamu, ini juga termasuk mencuri, jadi cakupannya sangat luas.

Yang ketiga adalah “asusila”. Orang zaman dulu berkata “Asusila merupakan kejahatan terutama dari segala kejahatan, berbakti adalah kebajikan terutama dari segala kebajikan”.

Asusila merupakan akar sumber dari segala malapetaka. Praktisi Buddhis dilarang berbuat asusila, apa maksudnya asusila? Yakni melakukan hubungan di luar pernikahan yang sah, ini disebut sebagai asusila. Dosa ini sangat berat.

Sedangkan bagi anggota Sangha tidak diperbolehkan menikah apalagi melakukan hubungan, sila ini merupakan butir pertama dari sila KeBhiksuan. Sedangkan bagi orang awam sila pertama adalah menghindari pembunuhan. 

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 04
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0004


淨空老法師開示節錄 :
十惡
(一)

什麼叫『十惡』?佛跟我們講十惡是怨家,是我們的仇敵,我們生生世世不能得到安穩,不能明心見性,不能成佛、成菩薩,都是上了它的當,都是被它所害。這十種我在此地簡單把它的名目列出來,第一個就是「殺生」,以瞋恚之心,以愚痴的心、以迷惑的心殺害有情眾生的生命。這是一切惡裡頭最大的一個惡,所以在十惡它擺在第一位,這是最大的惡。第二是「偷盜」,偷盜諸位要曉得,在佛經裡常講的叫「不與取」,就是對方並不是甘心情願歡歡喜喜給你,你把他的東西得來;你或者偷來,或者是搶來,或者是用一種勢力逼迫著他,他不敢不送來,但是並不是他甘心情願的,這都叫做偷盜。像從前,以官府的勢力,像貪官污吏用威力逼迫著老百姓,他家裡藏著什麼寶物一定要獻給他,人家並不是甘心情願,而是怕惹殺身之禍,不敢不奉獻給他,並不是甘心情願,這還算是偷盜。所以偷盜的範圍非常廣大,我們不要以為我們並沒有去偷人家,並沒有去盜人家,也沒做強盜。你要是要挾、威脅,或者是逼迫人不得不向你送禮,不得不向你進貢,統統都算是偷盜,這個裡面所含的範圍非常廣大。第三種惡就是「邪淫」,淫欲古人常說「萬惡淫為首,百善孝為先」,這個真是一切禍害的根源。淫在佛法裡面講,在家學佛的人禁止邪淫,什麼叫邪淫?不是自己的妻子發生關係,全叫做邪淫,這是很重的罪,學佛的人要曉得,要覺悟。至於出家的,那是完全禁止,出家戒是把這個列在第一條。一般的戒律是把殺生列在第一條,我們要曉得它的用意不相同。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第四集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0004