Wednesday 20 February 2019

18.Penyebab segala hal jadi tidak lancar


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Penyebab segala hal jadi tidak lancar

Jadi tidak perlu takut pada setan dan malaikat, mereka juga termasuk para makhluk, yang juga sedang tersesat. Kita hendaknya menyelamatkan mereka, dan tidak boleh meneladani mereka, juga tidak boleh mematuhi perintah mereka, apabila anda mematuhi perintah mereka, maka anda sudah membuat kesalahan besar.

Orang-orang semacam begini, meskipun statusnya adalah siswa Buddha, tetapi ketika menghadapi kesulitan, malah tidak memohon pemberkatan pada Triratna (Buddha, Dharma, Sangha), tetapi malah memohon pada setan dan malaikat, ini sudah sesat.

Maka itu dikatakan bahwa setan-setan jahat akan berkumpul di depan pintu rumahnya, membuat kondisinya kian terpuruk, segala hal yang dilakukan jadi tidak lancar, tidak sesuai dengan keinginan, ini merupakan salah satu alasannya.

Alasan lainnya adalah benih karma buruk pada masa kehidupan lampau yang tertanam di Alayavijnana, sehingga pada satu masa kehidupan ini begitu bertemu dengan jodoh atau faktor pendukung, dia langsung menciptakan karma buruk, oleh karena menciptakan karma buruk maka harus menerima balasannya.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 03
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0003


淨空老法師開示節錄 :
事情不如意的原因

  所以,不必畏懼這些鬼神,鬼神也是眾生一類,也是迷惑顛倒。我們應當要發心去度他,不應該去學他,不應該去聽命於他,你要是聽命於他,那就大錯特錯。像這一類的人,他雖然是佛弟子,可是在自己有困難的時候,他不求三寶加持,他去求這些鬼神,這是顛倒錯亂。所以說『令之衰耗』,這些『惡鬼屯門』,屯集在他家的門口,叫他衰耗。『所向不諧』,無論做什麼事情不如意、不順心,這是一個原因。另外一個原因是『或從宿行惡道中來,現世罪人也』,還有一種也是很可能的,就是你過去世惡業種子太多,從惡道當中來的。這是講你阿賴耶識裡面帶著有惡習氣的種子,在這一生遇緣他就造罪業,他造罪業當然要受果報,這是一定的道理。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第三集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0003