Petikan Ceramah
Master Chin Kung
Judul : Dalam
kondisi miskin lebih sedikit menciptakan karma buruk
Anda dapat menolong
para makhluk dari kesusahan, praktisi sekalian hendaknya memahami apa yang
dimaksud dengan “para makhluk yang kesusahan”, bukanlah berarti orang yang kekurangan
makanan dan pakaian makanya disebut kesusahan, memang betul, ditinjau dari segi
materi, mereka memang kesusahan; tetapi sebagian orang kaya dan memiliki
kedudukan, mereka hidup serba berkecukupan, tetapi mereka tidak berkesempatan mendengar
Buddha Dharma, orang begini disebut sebagai orang yang berada dalam kesusahan,
kesusahan ini lebih celaka bila dibandingkan fakir miskin.
Bayangkan, orang
yang kurang mampu, tidak punya uang pergi menciptakan karma buruk. Umpamanya
orang Taiwan sekarang memiliki taraf hidup yang lumayan sehingga daging apapun
disantapnya, menciptakan karma pembunuhan yang terlampau berat.
Orang barat datang
melakukan penelitian, ternyata orang Taiwan adalah Meat Lovers yang mendapat rangking
pertama di seluruh dunia.
Sedangkan di
Daratan Tiongkok (topik ini diceramahkan pada tahun 1982), tiap bulan tiap
orang baru makan beberapa potong daging, mengapa mereka tidak menyembelih hewan
ternak tiap hari? Tidak punya pahala.
Mari kita renungkan
lagi, tempo dulu ketika Jepang menjajah Taiwan, dalam setahun sanggup
menyembelih berapa ekor hewan ternak? Barulah anda sadari bahwa dalam kondisi
miskin lebih sedikit menciptakan karma buruk.
Setelah taraf hidup
meningkat maka nafsu membunuh, mencuri, berzinah dan berbohong pun bermunculan,
sekarang dia sudah punya duit, punya pahala, maka nafsu makan minum berzinah
berjudi pun timbul; sebaliknya ketika dia hidup miskin, tidak punya duit,
walaupun punya niat namun apa daya tidak kesampaian, maka itu kesempatannya lebih
kecil dalam menciptakan karma buruk.
Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari
Belajar Buddha Dharma
Serial : 05
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0005
淨空老法師開示節錄 :
貧窮造業少
你能夠救濟苦難,苦難當中諸位要曉得,不是說人家沒衣服穿,沒有房子住,沒有飯吃,那是苦難的人,不錯,那是物質缺乏的苦難;還有一些人,他有財富、有地位,他有房子也有汽車,他沒有聞到佛法,這個人的苦難,比那個吃不飽、穿不暖的人還要危險。諸位想想,吃不飽、穿不暖的那些苦人他在受苦報,受苦報他不造惡業,他為什麼不造惡業?他想造惡業沒有能力,他想造也造不成。
譬如說今天我們台灣殺業太重,這是惡業,殺生。外國人到中國來調查,以我們台灣人口比例,我們每天所殺的豬、所殺的牛、所殺的雞、鴨、所捕殺的魚,世界第一;也就是說,台灣吃的是世界第一位。在現在人來說這好事,要跟落後地區比一比,他們吃不飽、穿不暖,我們今天吃的、穿的世界第一。殺生殺得太多了。我們再看看大陸,一個人一個月才配幾兩肉,他為什麼不天天去殺豬宰牛?他沒那個福報。所以在今天大陸上殺業就輕,我們這裡殺業反而重。再想想台灣老年的同胞們,你們在年輕的時代,日本人統治之下,你們一年能夠吃到幾次肉?能夠殺幾隻雞?能夠殺幾條豬?你就曉得那時候貧窮,貧窮造業少。富足的時候殺盜淫妄都來了,他有錢,有福報,吃喝嫖賭樣樣都來;他沒有錢,心裡想,做不到,所以造業機會少。
文摘恭錄 — 阿難問事佛吉凶經 (第五集) 1982 台灣景美華藏圖書館 檔名:15-006-0005