Petikan Ceramah
Master Chin Kung
Judul : Membunuh
secara sengaja
Apabila anda adalah
seorang praktisi yang telah mengamalkan sila, anda tidak mungkin membunuh
manusia, kerbau, anjing dan sebagainya. Tetapi bagaimana dengan nyamuk, lalat,
semut, kecoa, apakah anda takkan membunuhnya? Kalau tidak memberantas
serangga-serangga ini, rumah anda akan jadi jorok, lantas harus bagaimana?
Kalau memberantas
mereka, apakah ini termasuk pembunuhan? Jelas, bahkan ini dinamakan membunuh
secara sengaja. Namun Buddha Dharma juga bukan kaku dan tidak fleksibel.
Nyamuk yang berada
di luar rumah, anda tidak mungkin kurang kerjaan, lantas keluar rumah membunuh
mereka bukan? Demikian pula kalau nyamuk menggigit anda, anda juga tidak
mungkin sengaja menepuknya bukan? Paling tidak anda cuma mengusirnya.
Tetapi bagaimana
dengan anggota keluarga lainnya? Di rumah anda masih ada Ayahbunda, saudara,
istri dan anak-anak yang belum belajar Ajaran Buddha. Mereka melihat anda tidak
berani membunuh serangga, sehingga rumah jadi jorok, mereka akan menfitnah
Buddha Dharma, “Jangan belajar Ajaran Buddha deh, lihatlah praktisi yang sudah
belajar Ajaran Buddha malah jadi jorok”.
Jadi tindakan welas
asihmu telah menghalangi keluargamu untuk berniat belajar Ajaran Buddha. Jadi
bila terpaksa, anda juga harus memberantas serangga yang merugikan kesehatan,
demi menyelamatkan anggota keluarga anda, supaya mereka dapat ikut serta
belajar Ajaran Buddha.
Tetapi demi
menghindari terjadinya pembunuhan, alangkah baiknya dilakukan tindakan
pencegahan, yakni menjaga kebersihan. Sudut-sudut rumah harus dibersihkan dan
dirapikan, barang-barang jangan dibiarkan berserakan dan menumpuk, maka takkan
ada serangga yang bersarang di rumah.
Obat pembasmi
serangga boleh disemprotkan di sudut ruangan untuk mencegah datangnya serangga,
demikian pula di kamar mandi juga disemprotkan obat pembasmi serangga, hal ini
untuk mencegah munculnya serangga dan anda tidak perlu jadi pembunuh.
Jadi jangan tunggu
sampai serangganya muncul barulah anda semprotkan ke arahnya, ini namanya
membunuh secara sengaja.
Ketika saya memberi
ceramah di sebuah vihara, di dalam kamar banyak nyamuk, makanya saat senja saya
sudah menyalakan kumparan (dupa) nyamuk terlebih dulu, sebelum nyamuk-nyamuk
tampak berkeliaran, terlebih dulu saya nyalakan kumparan nyamuk, satu kumparan
nyamuk bisa bertahan selama 16 jam. Ini namanya mencegah.
Dengan menyalakan
kumparan nyamuk, malam harinya nyamuk-nyamuk takkan muncul, jadi jangan tunggu
sampai nyamuk-nyamuknya sudah show-off, anda baru buru-buru menyalakan kumparan
nyamuk, ini namanya membunuh.
Inilah tindakan pencegahan
yang dapat kita lakukan, untuk menghindari pembunuhan. Jagalah kebersihan, demi
menghindari melakukan pembunuhan.
Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari
Belajar Buddha Dharma
Serial : 03
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0003
Catatan kecil :
Apabila di rumah ada kecoa,
boleh menggunakan sapu untuk menyapunya ke pengki lalu buang ke luar rumah,
demikian pula dengan semut, namun semut-semut biasanya akan bubar dengan
sendirinya ketika rasa manis yang tersisa sudah habis mereka serap. Sedangkan
untuk menghindari rayap adalah jangan ada perabot kayu di dalam rumah. Ini juga
adalah bentuk tindakan pencegahan.
淨空老法師開示節錄 :
殺生趣手
『殺生趣手』,趣手是親自動手,去殺生。說到這個事情這也有相當困難,譬如我們學佛之人,也受了戒,當然你不會殺人,你也不會去殺牛、殺狗,你不會的。可是蚊蟲、蒼蠅、螞蟻、蟑螂,你們諸位想想你殺不殺?你要不殺,你家裡看到這個東西就厭惡、就討厭,這個問題我們得問問怎麼辦?如果你要是殺牠,這算不算殺生?當然是殺生,而且你必定是「殺生趣手」,你自己殺生。這個地方我要告訴諸位,佛法一定要通權達變。蚊子在野外,你就不要殺牠,牠叮著你的身上,你把牠趕走就好了。在家裡面那就必須要殺牠,為什麼?在家裡,你學佛了,你家裡頭父母、兄弟、妻子、兒女他們不學佛。不學佛的人看到你,蚊蟲傳染疾病,蟑螂都是傳染疾病的,你要不殺牠,別人看到你就會毀謗,「佛不能學,學了佛的人都迷信,你看看這些傳染疾病的東西,他們都還養牠,不殺牠」。必然毀謗佛法,障礙了你的家人學佛,所以你要通權達變,這個時候要殺生。可是你要記住,這是不得已而殺生,殺牠們度你一家人,使你家人曉得學佛也講求衛生,這個不是濫殺。
同時要注意,家庭一定要保持整潔,為什麼?髒亂才會有這些東西,你這個家庭要保持得很整潔,哪有這些東西?同時要預防,譬如像這些東西,倉庫裡容易出現,廚房裡容易出現,廁所裡容易出現,凡是容易出現的地方,你不要等牠出現了再去噴殺蟲劑,那你看到牠就殺生趣手了。平常很乾淨,沒有的時候,每天晚上我們在睡覺以前,把這些地方噴一點點殺蟲劑,沒有看到東西噴一點點。這是預防,牠就不來了,牠聞到這個氣味牠不進來,我們就看不見,這樣就不殺生;不要等到看到牠的時候再去殺牠。我在南部寺院講經的時候,裡面有沒有蚊子?有蚊子。我什麼時候點蚊香?黃昏的時候,我還沒有看到房間有蚊子,我把蚊香就點著,這一支蚊香大概要點十六個小時的樣子。蚊香一點,晚上蚊子就不會到房間來,你一隻也看不見了。不要等到滿房子都有蚊子再點蚊香,那你就殺生趣手。這就是我們做一種防禦的工作,最好這個事情不發生。所以諸位要通權達變。我們這樣做也是教人,教這些學佛的人應該要這樣做法,不要等到看到這些髒的、討厭的東西來的時候你再來殺牠。我們做一點預防的給他們看看,希望大家都能夠這樣做,避免殺生。
文摘恭錄 — 阿難問事佛吉凶經 (第三集) 1982 台灣景美華藏圖書館 檔名:15-006-0003