Tuesday 19 February 2019

11.Enam tingkatan Alam Surga di Kamaloka


Petikan Ceramah Master Chin Kung
Judul : Enam tingkatan Alam Surga di Kamaloka

Kamaloka ada 6 tingkatan Alam Surga, dari tingkatan yang paling rendah, yakni Surga Catumaharajika, kemudian naik setingkat ke atas ada Surga Tavatimsa, lalu Surga Yama dan Surga Tusita.

Surga Tusita terdiri dari wilayah dalam dan wilayah luar. Wilayah luar dihuni oleh Dewa-Dewi yang masih awam, sedangkan wilayah dalam merupakan tempat kediaman Bodhisattva Maitreya.

Di atas Surga Tusita adalah Surga Nimmanarati, dan surga yang paling tinggi di Kamaloka adalah Surga Parinimmitavasavatti.

Enam tingkatan alam surga ini terdapat di Kamaloka, dimana masih memiliki nafsu keinginan pria dan wanita, makanan dan minuman, tetapi semakin tinggi tingkatan alam surga tersebut maka nafsu keinginan ini akan kian hambar. Demikian pula sebaliknya, semakin rendah tingkatan alam surga tersebut, maka nafsu keinginan kian kuat.

Jadi semakin mengarah ke atas, nafsu keinginan kian hambar. Di atas Kamaloka ada Rupaloka, Rupaloka terdiri dari empat tingkatan Alam Jhana, sebanyak 18 alam surga (menurut versi Mahayana). Di atas Rupaloka ada Arupaloka, Arupaloka terdiri dari 4 alam surga.

Jadi dari total 33 alam kehidupan, terdapat 28 alam surga di Triloka (menurut versi Mahayana). Triloka adalah Kamaloka, Rupaloka dan Arupaloka.

Sekarang kita lihat banyak orang yang berminat melatih Dhyana (Zen), terutama di Amerika, mereka menyukai aliran Zen.

Tapi cobalah amati dimanakah letak empat tingkatan Alam Jhana? Empat tingkatan Alam Jhana terletak di Rupaloka, telah melampaui Kamaloka, yang juga telah melampaui Lima Nafsu Keinginan (harta, rupa, ketenaran, makanan, tidur), dengan demikian barulah dapat terlahir di Rupaloka.

Maka itu praktisi yang melatih Zen, cobalah renungkan, ketika kita melihat rupa, apakah hati kita masih bisa tergerak? Ketika kita dihina dan difitnah orang lain, apakah di hati kita tidak muncul kerisauan? Apakah terhadap harta kekayaan, wanita, ketenaran, keuntungan, kita sudah tidak berminat lagi?

Kalau memang hati sudah tidak goyah lagi, minat juga sudah tidak ada lagi, barulah memenuhi syarat terlahir di empat tingkatan Alam Jhana di Rupaloka. Di Rupaloka ada 18 alam surga (versi Mahayana).

Tetapi apabila Lima Nafsu Keinginan dan Tujuh Perasaan Emosional (suka, marah, sedih, senang, sayang, benci, nafsu keinginan), masih dapat membuat hatimu tergerak, maka hasil dari melatih Zen takkan anda peroleh.

Kebenaran ini mesti dipahami, dengan demikian melatih diri barulah ada kemajuan batin.

Dipetik dari : Ceramah Master Chin Kung
Judul : Sutra Pertanyaan Ananda Tentang Balasan Baik dan Buruk dari Belajar Buddha Dharma
Serial : 03
Tahun : 1982
Kode Artikel : 15-006-0003


淨空老法師開示節錄 :
欲界有六層天

欲界有六層天,從下面往上面來數,先是「四王天」,四王天在佛法裡講他是護法神,到後面我會跟諸位細細的來介紹,俗稱「四大金剛」,實在上他是四天王,不是四大金剛。往上面去就是「忉利天」,忉利是印度話,翻成中國意思叫三十三,所以我們也稱它作三十三天。這個三十三是平列的,正如同我們大陸有二十八省,美國有五十個州,這種情形一樣,構成一個國家,一層天。這兩層,就是四王天與忉利天,也叫做地居天,它是在須彌山頂,忉利是在須彌山頂,四王是在須彌山的四周,稱為地居天。而「夜摩天」就離開了地,在虛空之中,夜摩也是梵語,翻成中國意思叫時分,就是時間。再往上面是「兜率天」,兜率是凡聖同居土,它有內院、有外院,外院是凡夫天,內院是彌勒菩薩的道場,我們稱之為歡喜佛。再往上面去叫「化樂天」,化是變化,樂是快樂。最上面一層叫「他化自在天」。這六層叫欲界,統統都有男女飲食之欲,這個欲愈往上面去就愈淡薄,愈往下面,這個欲望是愈粗、愈顯著。再往上面去,欲沒有了,到色界,色界有四禪十八層天,無色界有四天。所以三界一共有二十八層天。

在此地簡單跟諸位說說,現在無論是在中國、還是在外國,特別是在美國,好像禪最具有吸引力,他們也最喜歡禪宗。禪宗我們不要談別的,小乘的禪定、大乘禪定我們都不要談,我們專說世間色界的四禪。色界四禪已經離開了五欲,就是財色名食睡這個五條他確實是離開了,才能夠生到色界。所以修禪的人自己要想一想,我們見色還動不動心,我們遭受別人的侮辱、毀謗,我們生不生煩惱。果然對於財富、女色、名聞利養都不動心,才有資格生到四禪天,就是四禪十八層天。如果世間五欲七情還會動心的話,世間禪定的果報都得不到,又如何能夠得到出世間的果報?這個道理我們必須要明瞭,而後修學才會有成就。

文摘恭錄 阿難問事佛吉凶經  (第三集)  1982  台灣景美華藏圖書館  檔名:15-006-0003